SKK Migas PetroChina Serahkan Bantuan 29 Ekor Sapi ke Kelompok Tani di Kuala Tungkal Tanjab Barat

SKK Migas PetroChina Serahkan Bantuan 29 Ekor Sapi ke Kelompok Tani di Kuala Tungkal Tanjab Barat

SKK Migas PetroChina Serahkan Bantuan 29 Ekor Sapi ke Kelompok Tani di Kuala Tungkal Tanjab Barat--

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.IDSKK Migas PetroChina International Jabung Ltd menyerahkan bantuan sapi ke kelompok tani yang ada di Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat).

Dalam kesempatan ini turut dihadiri Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Lasno Government and Relation Superintendent, Agung Bratanata Field Admin Superintendent, Ahmad Ramadlan CSR dan Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd, Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat M. Ag., Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjung Jabung Barat yang diwakili oleh Sekertaris dinas Rasmanto S.Hut, Kepala Bappeda Katamso, Lurah Tungkal II Sumartono, Camat Tungkal Ilir, Kepala Desa Tungkal 1, Ketua Kelompok Tani dari Tani Berkah Makmur Kelurahan Tungkal 2 Riyan Hidayat dan Kelompok Tani Karya Maju Desa Tungkal 1.

Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Rudy Hermawan mengatakan selain untuk mendapatkan migas di wilayah operasi untuk menjamin ketahan energy nasional, pihaknya juga melakukan program pengembangan masyarakat bagi daerah disekitar, contohnya kali ini kami menyerahkan bantuan untuk kelompok tani yang ada di Kualatungkal. Mereka merupakan penerima manfaat dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PetroChina International Jabung Ltd sebanyak 29 ekor ternak sapi.

"Kita berada disini untuk kegiatan penyerahan bantuan sapi dan bantuan ini merupakan program pengembangan masyarakat (PPM) PetroChina di Kelurahan Tungkal II dan Desa Tungkal 1 sebanyak 29 ekor sapi," katanya, Sabtu 13 Juli 2024.

Rudy juga menyebutkan bahwa para kelompok tani tersebut selain diberi bantuan ternak sapi juga diberikan bantuan kandang komunal, bantuan pakan dan obat obatan serta pelatihan agar dibekali dengan keilmuan yang bisa menopang dalam menjalankan peternakan sapi itu.

BACA JUGA:Kecelakaan di Depan Hotel BW Luxury Jambi, Pengendara Motor Tewas di Tempat, Ini Kronologinya

BACA JUGA:Operasi Patuh Jaya 2024 Bakal Digelar di Jambi, Ini Sasarannya

"Selain bantuan sapi juga diberikan Pelatihan, bimbingan teknis (bimtek), bantuan pakan dan obat obatan," ucapnya

Rudy menjelaskan jika pihaknya bukan hanya memberikan bantuan sapi kepada kelompok tani. Selama ini PetroChina juga memberikan bantuan dibidang lingkungan yang telah dilakukan di kawasan mangrove berupa akses jalan ke wilayah itu.

"Salah satu program penyiapan jalan akses ke kawasan mangrove pangkal babu , Alhamdulillah sudah menjadi primadona di Provinsi Jambi," sebutnya.

Dirinya menjelaskan setiap bantuan yang diberikan pihaknya selalu berharap bahwa bantuan yang diberikan bisa bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat sekitar. Agar tidak merusak ekosistem yang ada disekitar dan dapat memberikan manfaat secara ekonomi juga memberikan manfaat secara lingkungan.

BACA JUGA:Sepeda Listrik Jadi Sasaran Operasi Patuh 2024, Ini Penjelasan Dirlantas Polda Jambi

BACA JUGA:Maling Motor dan HP di Rumah Ketua RT di Legok Kota Jambi, 2 Pria Ini Dipenjara

"Disamping memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga harus memberikan manfaat untuk menjaga lingkungan. Diperternakan ini juga kami bekali dengan pengolahan limbahnya.' Tandasnya.

Bupati Tanjabbar Anwar Sadat mengatakan bantuan yang diberikan oleh SKK Migas PetroChina kepada kelompok tani ini diharapkan bisa berkembang dan memberikan manfaat dengan baik.

Bupati berharap kedepannya kelompok tani ini bisa memenuhi kebutuhan daging hewan sapi di kabupaten Tanjung Jabung Barat disetiap tahun yang mencapai ribuan ekor

"Kebutuhan sapi kita pertahun mencapai 600 ekor. Dengan adanya bantuan dari PetroChina ini diharapkan bisa menyuplai kebutuhan kita ini," katanya.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman KUR Mandiri 2024 Mulai Rp 10 Juta hingga Rp 25 Juta, Cek Angsurannya Disini

Ia juga berterimakasih kepada SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd yang telah memberikan bantuan sapi sebanyak 29 ekor tersebut. Kedepannya bisa terus bersinergi dengan pemerintah daerah kabupaten Tanjung Jabung Barat dan terus memberikan manfaat bagi warga sekitar.

"Terimakasih kepada PetroChina yang sudah memberikan bantuan sapi sebanyak 29 ekor, bantuan ini sangat membantu dan kita berharap kedepannya bisa menjadi sentral peternakan disini," ucapnya.

Bupati menyebutkan kedepannya agar Tanjabbar bisa menjadi penyuplai sapi bukan hanya menjadi tempat perlintasan sapi dari berbagai daerah yang ada di daerah diluar Jambi.

"Kita ini selalu jadi perlintasan, bisa kita lihat sapi sapi di Pelabuhan Roro, Kualatungkal itu berasal dari Lampung dan lainnya ke Batam. Kedepannya kita yang harus menyuplai ke Batam." Tandasnya.

BACA JUGA:Pinjaman KUR BRI 2024 Rp 20 Juta Angsuran Rp 300 Ribuan Perbulan

Sementara itu Riyan Hidayat, Ketua Kelompok Tani Berkah Makmur, mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd atas bantuan budidaya dan penggemukan ternak sapi ini.

“Terima kasih kami ucapkan kepada pihak SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd dan Pemkab Tanjab Barat atas bantuan yang diberikan ini. semoga bantuan ini bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan anggota kelompok tani kami,” ucap Riyan.

Riyan juga mengapresiasi program budidaya dan penggemukan ternak sapi yang dilakukan oleh SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd untuk anggota kelompok tani Berkah Makmur.

“Kami sangat mengapresiasi bantuan ini. dengan adanya program ini bisa menambah ilmu dan wawasan kelompok kami tentang tata cara pengembangbiakan dan penggemukan ternak sapi yang baik, sehingga bisa menghasilkan sapi-sapi yang berkualitas dan meningkat ekonomi keluarga,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: