Pada Idul Adha 1445 H, Masjid Istiqlal Terima 62 Hewan Kurban dari Berbagai Pihak

Pada Idul Adha 1445 H, Masjid Istiqlal Terima 62 Hewan Kurban dari Berbagai Pihak

Masjid Istiqlal menerima Qurban Idul Adha 1445 H dari Berbagai Pihak-ist/jambi-independent.co.id-pixabay.com-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -Pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah, Masjid Istiqlal Jakarta menerima 62 hewan kurban yang terdiri dari 50 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Daging kurban ini akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kegiatan penyembelihan dan pemotongan hewan kurban kami mulai Selasa besok, pukul 07.00 WIB," kata Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, di Jakarta, Senin (17/6/2024).

Nasaruddin menyampaikan bahwa hewan kurban tersebut berasal dari berbagai pihak, termasuk Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Selain itu, terdapat juga hewan kurban dari warga non-Muslim seperti Gereja Katedral, Hotel Borobudur, dan komunitas Tionghoa.

BACA JUGA:Apakah Hewan Qurban Dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Simak Penjelasannya

"Itu menambah jumlah hewan kurban yang kami distribusikan kepada orang-orang yang berhak. Inilah toleransi Indonesia," ujar Nasaruddin.

Masjid Istiqlal telah mengatur agar pembagian daging kurban dilakukan langsung oleh petugas tanpa adanya antrean di masjid. Sistem distribusi ini telah diterapkan selama empat tahun terakhir, dengan daging kurban diantarkan langsung ke lembaga-lembaga penerima seperti panti asuhan dan asrama penghafal Al-Quran. Selain itu, pondok pesantren juga menerima daging kurban atau uang untuk membeli hewan kurban sendiri.

BACA JUGA:Poco M6 Pro: Rekomendasi HP 2024 dengan Performa Ngebut Harga 2 Jutaan

"Kami sangat peduli terhadap lingkungan yang sehat, sehingga hewan kurban umumnya kami sembelih di sini. Darah dan kotoran hewan kurban kami tampung pada bak khusus dan kemudian diserahkan kepada industri energi untuk diolah menjadi bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan," jelas Nasaruddin.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan sapi kurban seberat 1,2 ton kepada Masjid Istiqlal secara simbolis dengan memberikan tali tambang yang mengikat badan sapi kepada Imam Besar Nasaruddin Umar.

BACA JUGA:Redmi 12: Rekomendasi HP Harga 1 Jutaan di Tahun 2024

"Masjid Istiqlal setiap tahun menyembelih hewan kurban dan tahun ini cukup banyak. Ini merupakan sunah Nabi Ibrahim AS agar setiap tahun kita mengeluarkan dana untuk membeli hewan kurban untuk diberikan kepada fakir dan miskin," pungkas Ma'ruf Amin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: