Amalan Sunah Sebelum dan Sesudah Salat Idul Adha, Apakah Dianjurkan Puasa Sebelum Salat Idul Adha?

Amalan Sunah Sebelum dan Sesudah Salat Idul Adha, Apakah Dianjurkan Puasa Sebelum Salat Idul Adha?

Amalan Sunah Sebelum dan Sesudah Salat Idul Adha-Ist/jambi-independent.co.id-Freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar bagi umat Islam yang memperingati peristiwa kurban, ketika Nabi Ibrahim menunjukkan kepatuhan total kepada Allah SWT dengan bersedia mengorbankan putranya. 

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Zulhijah setiap tahunnya. Selain berkurban, ada beberapa amalan sunah yang bisa dilakukan, termasuk berpuasa selama dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha.

Pada Hari Raya Idul Adha, umat Islam melaksanakan salat Id sebagaimana pada Idul Fitri. Namun, apakah benar dianjurkan untuk puasa sebelum salat Idul Adha? Berikut penjelasannya.

Hadis Mengenai Puasa Sebelum Salat Idul Adha

1. Hadis Riwayat Ahmad

   Dari 'Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya:

   "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berangkat sholat 'ied pada hari Idul Fitri setelah makan terlebih dahulu. Namun pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari salat Id baru beliau menyantap hasil kurbannya." (HR. Ahmad 5: 352. Syaikh Syu'aib Al Arnauth menyatakan hadis ini hasan)

BACA JUGA:Transformasi Regional 4 Di Bawah Naungan PTPN IV PalmCo

BACA JUGA:Apakah Sebelum Salat Idul Adha Harus Makan Dulu? Simak Penjelasan Berikut Ini

2. Hadis Ibnu Hazm

   Ibnu Hazm rahimahullah berkata:

   "Jika seseorang makan pada hari Idul Adha sebelum berangkat salat Id di musholla, maka tidak mengapa. Jika ia tidak makan sampai ia makan dari hasil sembelihan kurbannya, itu lebih baik. Tidak boleh berpuasa pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." (Al Muhalla, 5: 89)

3. Pendapat Imam Ahmad

   Ibnu Qudamah rahimahullah menjelaskan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: