Transaksi Capai Rp 782 Juta, Siginjai 2024 yang Digelar Bank Indonesia Jambi Sukses Digelar

Transaksi Capai Rp 782 Juta, Siginjai 2024 yang Digelar Bank Indonesia  Jambi Sukses Digelar

Warsono, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi-Foto : Bank Indonesia Provinsi Jambi-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi sukses menggelar Semarak Ekonomi dan Keuangan Syariah Negeri Jambi (Siginjai) Tahun 2024.
 
Acara yang digelar di Jambi Town Square (Jamtos) Kota Jambi selama 5 hari ini ditutup dengan  closing ceremony Semarak Ekonomi dan Keuangan Syariah Negeri Jambi (Siginjai) Tahun 2024.
 
Disampaikan Warsono, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi bahwa  Siginjai 2024 merupakan bagian dari semarak perayaan road to FESyar
(Festival Ekonomi Syariah) wilayah Sumatra yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 Mei s.d 2 Juni 2024 di Kota Batam dan juga KKI (Karya Kreatif Indonesia) salahnsatu flagship event BI untuk UMKM Indonesia yang akan diselenggarakan pada Juli 2024 di Jakarta.
 
Pada pelaksanaannya, SIGINJAI 2024 mensinergikan beberapa kegiatan Bank
Indonesia yaitu ekonomi dan keuangan digital, Cinta Bangga dan Paham (CBP)
Rupiah, serta perlindungan konsumen.
 
 
 
Selama penyelenggaraan SIGINJAI 2024, dikatakan Warsono bahwa  total volume
dan nominal penjualan pada showcase UMKM unggulan Jambi mencapai 6.950
transaksi atau sebesar Rp782.000.000 (Tujuh Ratus Delapan Puluh Dua Juta
Rupiah) dengan proporsi transaksi nontunai menggunakan QRIS sebesar 70%.
 
"Sedangkan penyaluran pembiayaan syariah oleh perbankan melalui kegiatan
business matching pembiayaan kepada UMKM sebesar Rp500.000.000,"ujarnya 
 
Selain itu, pada Siginjai 2024 juga dilakukan berbagai sinergi dengan stakeholder daerah diantaranya kehadiran narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BAZNAS, Kanwil Kementerian Agama, Perbankan, Akademisi dan Praktisi, serta sinergi pelaksanaan sosialisasi akses permodalan UMKM bersama OJK dan sertifikasi halal untuk UMKM bersama Satgas Halal Jambi. Sinergi tersebut dilakukan sebagai upaya bersama dan wujud nyata dalam mengakselerasi
ekonomi dan keuangan Provinsi Jambi.
 
Warsono menambahkan bahwa pada  penyelenggaraan Siginjai 2024 tanggal 1 s.d 5 Mei 2024, telah dilaksanakan
berbagai rangkaian kegiatan di antaranya pameran UMKM unggulan Jambi yang diikuti oleh 46 UMKM (terdiri dari 23
UMKM makanan & minuman, 17 UMKM produk wastra/fashion, 6 UMKM kriya),serta 6 UMKM/Klaster komoditas kopi unggulan Jambi.
 
 
 
Juga pameran keuangan syariah yang diikuti oleh 8 (delapan) Institusi Jasa
Keuangan (IJK), Otoritas Jasa Keuangan, dan Kanwil Kemenag Provinsi Jambi. 
 
Selain itu juga enyelenggaraan 4 (empat) Talkshow terkait UMKM dan ekonomi
syariah yang menghadirkan narasumber tingkat nasional maupun regional, dari kalangan otoritas/organisasi/pelaku usaha/pesantren yang telah berbagi insight terkait perkembangan UMKM dan ekonomi syariah terkini, serta kebijakan dalam upaya mendorong perkembangan UMKM dan eksyar yang diikuti oleh total ±400 peserta yang hadir secara luring maupun daring.
 
Pelaksanaan 8 jenis Perlombaan/kompetisi syariah yang diikuti oleh total 235 peserta individu maupun kelompok, sebagai persiapan kompetisi pada FESyar Sumatera 2024.
 
Fashion Show karya desainer muda Jambi yang tergabung dalam komunitas Jambi Fashion Society (JFS), menampilkan karya modest fashion terbaik dengan sentuhan wastra khas Jambi.
 
 
 
Juga  pendampingan sertifikasi halal bagi UMKM, bekerjasama dengan Satgas
Halal Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, yang diikuti oleh 75 UMKM kategori
makanan dan minuman.
 
"kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Provinsi Jambi, Pemerintah Daerah Kota Jambi, serta lembaga/Instansi di wilayah Jambi dan seluruh pihak yang terlibat atas sinergi dan kolaborasi pada penyelenggaraan kegiatan Siginjai 2024 ataupun program Bank Indonesia lainnya,"ujarnya. *
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: