Atasi Dehidrasi, Ini 6 Buah Miliki Kandungan Air yang Melimpah, Kaya Manfaat

Atasi Dehidrasi, Ini 6 Buah Miliki Kandungan Air yang Melimpah, Kaya Manfaat

Buah yang mengandung banyak air yang kaya manfaat -Foto : ilustrasi-Net

Pir adalah buah yang mengandung banyak air, sekitar 84% dari berat total buahnya. Buah ini juga mengandung serat larut dan tidak larut yang baik untuk pencernaan, serta vitamin C, vitamin K, dan antioksidan seperti quercetin dan flavonoid. 

Quercetin adalah senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan manfaat anti-inflamasi dan perlindungan terhadap penyakit jantung. Konsumsi pir secara teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

3. Buah Apel

Apel adalah buah yang kaya akan air, dengan kandungan air mencapai sekitar 86%. Buah ini juga mengandung serat larut dan tidak larut, vitamin C, antioksidan, dan flavonoid. Antioksidan dalam apel, seperti quercetin dan katekin, dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.

 Konsumsi apel secara teratur telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung, mengatur kadar gula darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

BACA JUGA:Meriah! Workshop Musik Internasional, Kolaborasi Prodi Sendratasik UNJA dan Erasmus Huis Belanda

BACA JUGA:Kisah Dorel, Mahasiswa Kehutanan UNJA yang Sukses Merintis Bisnis Budidaya Lebah Madu

4. Buah Nanas

Nanas adalah buah tropis yang mengandung banyak air, sekitar 86-87%. Buah ini juga mengandung enzim bromelain yang dapat membantu dalam pencernaan.

5. Buah Semangka

Semangka adalah buah yang sangat terkenal karena kandungan airnya yang tinggi, sekitar 90% dari berat total buahnya. Buah ini juga kaya akan vitamin C, vitamin A, dan antioksidan seperti likopen. 

Senyawa ini sendiri adalah pigmen alami yang memberikan warna merah pada semangka dan telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan, termasuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

 Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam semangka membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, memperbaiki fungsi pencernaan, dan memberikan sensasi kenyang dengan sedikit kalori.

BACA JUGA:5 Wisudawan Terbaik UNJA Periode ke-107

BACA JUGA:Sampah Menumpuk di Jalan Lintas Timur Auduri, Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi Lakukan Pembersihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: