Erupsi Gunung Ruang, PVMBG Keluarkan Peringatan Tsunami

Erupsi Gunung Ruang, PVMBG Keluarkan Peringatan Tsunami

Penampakan erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara, disertai petir.-ist/jambi-independent.co.id-

SULUT, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah mengeluarkan peringatan tsunami menyusul serangkaian erupsi eksplosif yang disertai awan panas di Gunung Ruang, yang terletak di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Menurut Kepala PVMBG, Hendra Gunawan, masyarakat di Pulau Tagulandang, terutama yang tinggal di dekat pantai, diingatkan untuk mewaspadai potensi bahaya seperti lontaran batuan pijar, luruhan awan panas, dan tsunami yang bisa disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut.

Data dari PVMBG menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 24 jam terakhir, sudah terjadi lima kali erupsi dengan ketinggian mencapai 1.800 meter hingga 3.000 meter dari puncak Gunung Ruang.

Erupsi tersebut menyebabkan suara gemuruh, gempa, dan kilatan petir vulkanik.

BACA JUGA:To The Poin, Ini 5 Zodiak Gak Suka Basa Basi

BACA JUGA:Stadion Sepak Bola di Pijoan, Gubernur Jambi Yakin Bakal Jadi Stadion Megah

Selama periode 1-17 April 2024, PVMBG mencatat sejumlah kegempaan, termasuk 1.439 kali gempa vulkanik dalam, 569 kali gempa vulkanik dangkal, enam kali gempa tektonik lokal, dan 167 kali gempa tektonik jauh.

Hendra mengungkapkan bahwa setelah peningkatan aktivitas menjadi Waspada (level II) pada 16 April 2024 pukul 13.00 WITA, dan Siaga (level III) pada 16 April 2024 pukul 16.00 WITA, terjadi peningkatan yang signifikan dalam aktivitas visual dan kegempaan.

Ketinggian kolom erupsi cenderung meningkat, dengan material erupsi berupa abu dan lontaran batuan pijar yang mencapai jarak sekitar lima kilometer di Pulau Tagulandang.

PVMBG meminta agar masyarakat di sekitar Gunung Ruang tetap waspada dan tidak memasuki radius enam kilometer dari pusat kawah aktif gunung tersebut.

BACA JUGA:Pj Bupati Merangin H Mukti Rombak Pejabat Merangin, Ini Nama-nama yang Baru Dilantik

BACA JUGA:Satpol PP Kota Jambi Akui Masih Ada Aktivitas PSK di 'Pucuk'

Masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius enam kilometer juga diminta untuk segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius tersebut.

Peringatan ini menjadi panggilan untuk kewaspadaan dan antisipasi terhadap potensi bahaya yang ditimbulkan oleh aktivitas vulkanik Gunung Ruang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: