Khawatir Kolesterol Naik setelah Lebaran, Lakukan Hal Ini

Khawatir Kolesterol Naik setelah Lebaran, Lakukan Hal Ini

Lakukan hal ini agar terhindar dari kolestrol pasca lebaran -Foto : ilustrasi-Net

3. Perbanyak konsumsi serat larut

Selain dari sayur dan buah, ada juga makanan lain dengan kandungan serat larut untuk menurunkan kolesterol. Bisa dari gandum, kacang merah sampai wortel.

 Memang nutrisi dalam makanan lebih terjaga dengan direbus, tapi kamu bisa mengolahnya jadi makanan yang enak kok. Untuk gandum, sekarang ini banyak tersedia versi ready to cook, yang cukup diseduh dengan air panas. 

Bisa kamu tambahkan potongan pisang atau stroberi sebagai topping. Kalau versi yang lebih gurihnya, bisa juga tambahkan lada dan garam di dalamnya. Untuk sayuran sendiri, kamu bisa membuatnya menjadi sup kacang merah yang sehat dan mengenyangkan. 

4. Konsumsi sayur dan buah

Saya sudah bisa membayangkan jenis makanan apa yang dihidangkan saat Lebaran Idul Adha. Mulai dari ketupat, opor, sate kambing, sate sapi, sop kambing, hingga gulai yang jelas punya lemak tinggi.

BACA JUGA:Begini Cara Dua Pelaku Pembunuhan Berencana Menghabisi Nyawa Sopir Maxim Jambi, dan Meninggalkan Mayat di Ness

BACA JUGA:Sulit Berpaling, Ini 5 Zodiak Paling Setia Mencintai Seseorang

 Kamu tetap bisa menikmatinya, tapi tetap ingat untuk mengkonsumsi sayur dan buah ya. Serat di dalamnya efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Coba deh konsumsi nanas madu dengan Vitamin C dan bromelain di dalamnya, yang bisa menurunkan kadar kolesterol! Kalau kamu bosan dengan buah potong, bisa juga kok mengolahnya jadi jus atau smoothies yang lebih nikmat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: