Benarkah Terlalu Sering Minum Rebusan Air Jahe Bisa Sebabkan Diare? Simak 7 Faktanya

Benarkah Terlalu Sering Minum Rebusan Air Jahe Bisa Sebabkan Diare? Simak 7 Faktanya

Dampak Terlalu Sering Minum Rebusan Air Jahe -Freepik/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Air jahe, dengan cita rasa pedas dan hangatnya, sering menjadi pilihan minuman, terutama pada musim dingin atau ketika tubuh memerlukan sesuatu untuk menghangatkan.

Namun, konsumsi berlebihan bisa membawa dampak yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa dampak terlalu sering minum rebusan air jahe:

 1. Gangguan Lambung dan Asam Lambung Tinggi:

   Rebusan jahe memiliki sifat asam yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Bagi mereka yang memiliki masalah lambung atau asam lambung tinggi, konsumsi berlebihan dapat memperburuk kondisi tersebut

 2. Gangguan pada Sistem Pencernaan:

   Jahe dapat memiliki efek pemanas dan merangsang, yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Ini dapat mengakibatkan diare atau gangguan pencernaan lainnya.

BACA JUGA:10 Tips Sarapan Pagi yang Sehat dan Tidak Bikin Gemuk

BACA JUGA:7 Cara Ampuh Mencegah Penyakit TBC, Hati-hati Dampaknya Bisa Mematikan

 3. Interaksi dengan Obat-obatan:

   Beberapa senyawa dalam jahe dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Orang yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah atau obat tekanan darah sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum minum jahe secara teratur.

 4. Gangguan Keseimbangan Elektrolit:

   Air jahe yang dionsumsi dalam jumlah besar bisa memiliki efek diuretik, meningkatkan produksi urine. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan elektrolit yang penting, seperti kalium.

 5. Gangguan pada Kesehatan Jantung:

   Meskipun jahe memiliki manfaat kesehatan jantung, konsumsi berlebihan bisa memiliki efek sebaliknya. Peningkatan aktivitas jantung dan tekanan darah dapat terjadi, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: