Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Sinar Anugerah Sukses

Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Sinar Anugerah Sukses

Ilustrasi konstruksi underpass-Foto : PT SAS-Jambi-independent.co.id

 Spesifikasi konstruksi Underpass adalah pondasi cakar ayam, cor beton bertulang. Lebar kolong 14 m, tinggi kolom 5,2 m dan ketebalan gelagar jembatan 100 cm  120 cm. Dasar penentuan ketebalan gelagar ini diambil dari bagian Engineering PT SAS adalah merupakan pembulatan dari nilai ketebalan hasil perhitungan tingkat aman konstruksi yaitu 100 cm ditambah allowance safety 20 cm. Jarak antara gelagar Underpass mampu untuk menopang beban luar, getar, beban pengereman dengan total 60 ton. Ilustrasi konstruksi disajikan pada gambar berikut :

Gambar 1. Ilustrasi Konstruksi Underpass

 

 

H. Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 (TPS LB3)

Pembangunan tempat penyimpanan sementara limbah B3 juga akan dibuat dil lokasi TUKS dengan kontruksi permanen, karena ini akan menjadi tempat penyimpanan limbah sementara B3, yang mengacu kepada peraturan yang berlaku diantara nya adalah Permen LH No.18/2009 tentang tata cara perizinan PLB3 dan Kepdai 01/BAPEDAL/09/1995 tentang tata cara dan persyaratan  teknis penyimpanan dan pengumpulan LB3peraturan pemerintah No. 18 Tahun 1999 tentang pengolahan limbah bahan berbahaya, permen  LH No. 14 Tahun 2013 tentang symbol dan label limbah B3. Dalam pengadaan tangki bahan bakar terlebih dahulu mengurus perizinan untuk bahan bakar industri ke instansi yang berwenang. 

Sedangkan untuk limbah B3 tidak dijual sembarangan kepada pihak yang tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki izin, untuk ke depan akan diurus perizinan untuk penggunaan limbah B3.

BACA JUGA:9 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Menyusui di Musim Hujan

BACA JUGA:Pj Bupati Aspan Terima Penghargaan Peringkat II dari Kantor Wilayah Direktorat JPP Dana Desa 2023

I. Settling Pond

Pada tahap pembuatan tapak TUKS akan segera dibuat settling pond yang lokasinya sudah ditetapkan sesuai rancangan lay out TUKS setting pond berfungsi untuk instansi pengolahan air limbah (IPAL), dari itu dengan adanya settling pond maka harus dipastikan bahwa air limbah batubara, drainase rumah ganset,mess karyawan,kantor,bengkel yang tentunya menghasilkan produk limbah harus benar-benar dimasukkan dan dialirkan ke settling pond sehingga air limbah batubara tidak langsung ke aliran sungai Batanghari. Lokasi settling pond pada area TUKS berada pada jarak lebih dari 600 meter dan tinggi 2 meter diatas tinngi air naik, sehingga aman dari penggenangan oleh air sungai Batanghari. Fungsi dari settling pond secara umum adalah untuk tempat menampung runoff dan menahan air Ketika tanah dan kotoran lain mengendap menjadi sidemen.

Kolam pengendapan selain sebagai tempat untuk mengendapkan material tersuspensi di area tambang juga berfungsi untuk menampung air limbah. Dimensi stelling pond direncanakan dengan menggunakan pendekatan aliran permukaan yang disebabkan oleh curah hujan. Sedangkan pembuatan drainase dibuat di sekeliling stockpile yang berfungsi untuk melokalisir limpasan air permukaan yang berasal dari srtockpile, drainase ini menghubungkan stockpile ke stelling pond dari stelling pond drainase baru mengarah ke aliran air sungai. Ilustrasi Spesifikasi Konstruksi Settling Pond dapat disajikan pada gambar berikut:



Gambar 2. Ilustrasi Spesifikasi Konstruksi Settling Pond

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: