Ini 6 Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan dari Honda Sinsen

Ini 6 Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan dari Honda Sinsen

Tips merawat motor saat musim hujan -Foto : Honda Sinar Sentosa-Jambi-independent.co.id

BACA JUGA:UAS Ajak Masyarakat Jaga Ketertiban Jelang Pemilu 2024

BACA JUGA:Tetap Aman hingga Akhir Bulan, Ini Tips Mengatur Keuangan Setelah Terima Gaji, Bikin Kantong Gak Bolong

 4. Memeriksa Permukaan dan Tekanan Angin pada Ban

Kondisi jalanan yang basah dan licin rentan terjadi kecelakaan, maka dari itu, kamu perlu melakukan pengecekan apakah grip pada ban masih oke. Jika permukaan ban sudah mulai halus, segera ganti untuk menghindari kecelakaan akibat terpeleset saat berkendara.

Periksa juga tekanan angin pada ban secara rutin karena saat musim hujan banyak lubang di jalanan yang tertutupi oleh genangan. Jika kamu tidak sengaja menerobos genangan tersebut dan ban sepeda motor tidak dalam kondisi baik maka rentan terjadi kebocoran.

 5. Pastikan knalpot berfungsi dengan baik

Genangan air hujan biasanya menempel pada bagian dalam dan leher knalpot saat mengendarai motor di waktu hujan. Agar sistem pembuangan motor tetap berfungsi dengan baik, pengguna harus membersihkan beberapa bagian dan mengolesi bagian knalpot dengan oli serta melapisi bagian leher knalpot dengan grease. Lalu, panaskan motor dalam waktu sekitar lima menit.

6. Periksa Kampas Rem

Suatu hal yang wajar rem bunyi berdecit saat musim hujan karena kampas rem dalam keadaan basah. Ketika kampas dalam keadaan basah, kampas rem akan mengembang sehingga terjadi penyempitan ruang pada rem.

BACA JUGA:Ladies, Jangan Lupakan Hal Ini, 5 Tips Menjaga Kebersihan Alat Make Up, Bantu Wajah Lebih Glowing

BACA JUGA:Cek, Ini Loh 6 Shio yang Cocok jadi Pasangan Shio Kerbau

Hal yang perlu diperhatikan saat kamu mencuci motor adalah menyemprot bagian rem untuk membersihkan pasir yang terbawa saat berkendara sehingga tidak mengganggu pengereman. Setelah rem selesai disemprot, pijaklah pedal rem beberapa kali agar kampas kering sehingga pengereman bisa kembali normal.

“Itu dia tips perawatan sepeda motor saat musim hujan dan untuk memaksimalkan perawatan sepeda motor anda, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel resmi sepeda motor Honda atau AHASS terdekat agar mesin sepeda motor anda selalu dalam kondisi prima,” tutup Erfinando. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: