Wajib Tahu! Ini Tips Menjaga Aki Mobil Supaya Tahan Lama

Wajib Tahu! Ini Tips Menjaga Aki Mobil Supaya Tahan Lama

Ikuti tips merawat aki mobil agar awet dan tahan lama.-ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Aki mobil memang salah satu komponen yang paling jarang diperhatikan. Tapi tahukah anda, kalau ini merupakan salah satu bagian penting dalam mobil anda.

Kira-kira apakah kalian termasuk pemilik kendaraan yang juga memperhatikan aki mobil atau tidak?

Sistem elektronik dalam mobil sangat tergantung dengan keberadaan aki mobil. Nah makanya, kalian harus pintar-pintar menjaganya ya. Pasalnya, komponen ini sebenarnya punya batas umurnya sendiri.

Yuk, cari tahu berapa lama masa pakai aki mobi berikut dengan penyebab rusaknya aki dan cara merawatnya agar tetap awet melalui artikel berikut!

BACA JUGA:Jangan Takut BBM Naik, Berikut Cara Menghemat Bahan Bakar Kendaraan

BACA JUGA:Melindungi Mobil dari Cuaca Panas Ekstrem di Indonesia, Lakukan 9 Langkah Ini

Untuk diketahui, usia aki mobil dapat bervariasi, tergantung pada cara pemilik kendaraan menggunakannya. Biasanya, aki mobil, baik yang kering maupun basah, memiliki rentang usia sekitar 2-5 tahun. 

Dalam kondisi penggunaan normal, aki biasanya akan tetap baik selama 1-3 tahun. Namun, karena aki mobil cenderung memiliki umur pakai yang cukup lama, seringkali pemilik kendaraan lalai dalam menggantinya.

Ciri Aki Perlu Diganti

Mengutip dari laman resmi Astra Daihatsu, ada beberapa tanda atau ciri yang menunjukkan bahwa aki mobil perlu diganti. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kendaraan Sulit Menyala

Jika mobil Anda kesulitan atau butuh waktu lama untuk menyala saat kunci dinyalakan, ini bisa menjadi tanda bahwa aki sudah melemah.

BACA JUGA:Keren! Ini 4 Shio yang Dapat Rezeki Nomplok di Bulan November 2023, Kamu Termasuk?

BACA JUGA:7 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Sebelum Tidur, Ini Dampaknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: