Anak Rantau Wajib Tau, Ini Tips Hemat Atur Keuangan Ala Anak Kos

Anak Rantau Wajib Tau, Ini Tips Hemat Atur Keuangan Ala Anak Kos

Tips atur keuangan ala anak kos-Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Anak rantau wajib tau. Ini tips hemat atur keuanhan ala anak kos.

Hidup merantau dan jauh dari orang tua tentunya bukan perkara mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan. Salah satunya adalah harus  pintar mengatur keuangan.

Biasanya, mereka yang hidupnya jauh dari orang tua akan memutuskan untuk tinggal di kos kosan. Selain akan mendapatkan teman lebih banyak, hidup sebagai anak  kos juah lebih hemat jika dibandingkan harus menyewa satu rumah atau menyewa apartemen.

Nah, bagi Kamu yang hiduo di kos kosan, berikut tips mengatur keuangan ala anak kos. Tips ini bisa Kamu terapkan agar kondisi keuanhan Kamu aman hingga akhir bulan.

1. Masak sendiri

Makanan merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi karena tanpa makan maka kita tidak bisa bertahan hidup. Biaya untuk makan pun tidaklah sedikit dan bisa menghabiskan banyak anggaran. Meski begitu, masih ada cara untuk mengakalinya.

BACA JUGA:Koordinasi Pengamanan Objek Vital, PT Pertamina Hulu Energi Berkunjung ke Korem 042/Gapu

BACA JUGA:Mengenal Bachyuni Deliansyah, Pemimpin Muda Harapan Baru Muaro Jambi

Contohnya saja kamu bisa mulai masak sendiri di kos. Kegiatan yang satu ini sangatlah membantu untuk menghemat pengeluaran.

Dengan memasak sendiri kamu bisa menghemat uang yang cukup banyak karena membeli bahan mentah jauh lebih murah daripada makanan jadi.

2. Mengumpulkan uang receh

Uang receh sebaiknya tidak dianggap remeh karena bisa menjadi penyelamat anak kos, lho.

Mengumpulkan uang receh hasil kembalian setelah belanja harus mulai coba kamu lakukan. Pasalnya, dengan semakin banyak uang receh yang ditabung, semakin aman keadaanmu saat ada kebutuhan mendadak.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba menabung harian dengan sengaja menyisihkan uang seperti 5-10 ribu Rupiah. Dalam 30 hari kamu bisa memiliki 150-300 ribu Rupiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: