Bersama Gubernur Jambi dan Danrem 042/Gapu, Kapolda Jambi Ikuti Rakor di Jakarta Bahas Karhutla

Bersama Gubernur Jambi dan Danrem 042/Gapu, Kapolda Jambi Ikuti Rakor di Jakarta Bahas Karhutla

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Gubernur Jambi Al Haris dan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, mengikuti rakor penanggulangan karhutla yang dipimpin Menko Polhukam Mahfud Md.-ist/jambi-independent.co.id-bid humas polda jambi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, mengikuti Rapat Koordinasi Khusus, di Jakarta hari Senin 9 Oktober 2023.

Rakor khusus ini terkait Peningkatan Upaya Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2023. 

Acara yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Manggala Wanabakti Jakarta Pusat tersebut, dipimpin oleh Menko Polhukam RI Mahfud MD.

Hadir pula Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya, Kepala BMKG RI  Dwikorita Karnawati , Wakapolri serta para Gubernur, Kapolda dan Pangdam dari daerah rawan Karhutla.

BACA JUGA:Simak Nih! Ini Daftar Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

BACA JUGA:Usai Mutasi, Siapa yang Mengisi Posisi Kabag Ops dan Kasat Reskrim Polres Muaro Jambi? Ini Nama-namanya

Kapolda Jambi melalui Kabid Humas Kombes Pol Mulia Prianto  menyebutkan, bahwa kegiatan acara tersebut dilaksanakan untuk mengikuti pengarahan dari Menpolhukam RI Mahfud MD kepada para pimpinan daerah terkait penanganan Karhutla. 

"Seperti yang kita ketahui bersama, kondisi cuaca saat ini yang rawan akan karhutla dan Jambi juga telah merasakan dampak dari karhutla tersebut, yaitu tercemarnya udara oleh kabut asap yang telah mencapai ke kategori yang berbahaya, sehingga membuat para petinggi daerah harus memiliki langkah solusi terkait Karhutla ini," kata Kombes Mulia.

Dikatakan dia, selain mendapatkan arahan dari Menkopolhukam pada acara tersebut itu juga diberikan penjelasan proyeksi Iklim tahun 2023 oleh Kepala BMKG RI, serta laporan paparan dari beberapa Gubernur, Pangdam dan Kapolda serta respon dari Unit Pusat.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara meminta Satgas karhutla di Jambi berkoordinasi dengan pemerintah pusat, mengenai kabut asap yang masih menyelimuti Provinsi Jambi ini.

BACA JUGA:5 Sektor Usaha Ini Mendapat Bantuan KUR BRI 2023, Cek Disini Apakah Ada Usaha Anda

BACA JUGA:Dosen STIKES Harapan Ibu Jambi Berikan Edukasi Kesehatan Kepada Pengrajin Batik

Hal ini, kata dia mengingat pantauan visibility Bandara Sultan Thaha Jambi dengan jarak pandang hanya kisaran 500 meter.

Pinto Jayanegara meminta kepada satgas penangangan karhutla untuk fokus kepada penanganan karhutla dan juga opsi-opsi dalam pemadamannya, serta berkoodinasi dengan pemerintah pusat untuk ikut membantu dalam pemadaman karhutla agar tidak semakin memburuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: