10 Cara Menghadapi Debt Collector Saat Menagih Galbay Pinjol

10 Cara Menghadapi Debt Collector Saat Menagih Galbay Pinjol

10 Cara Menghadapi Debt Collector -Freepik/jambi-independent.co.id-Freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ketika Anda mengalami kesulitan dalam membayar pinjaman online (pinjol) dan gagal bayar, seringkali Anda akan dihadapkan pada situasi di mana seorang debt collector (DC) datang menagih. 

Meskipun situasinya mungkin menegangkan, penting untuk tahu cara menghadapinya. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Tenangkan Diri Anda

Saat seorang debt collector datang, pertama-tama cobalah untuk tenang. Ingatlah bahwa mereka hanya menjalankan pekerjaan mereka. Jangan biarkan emosi Anda menguasai diri. 

2. Validasi Utang Anda

Minta debt collector untuk memberikan bukti validasi utang Anda. Menurut hukum, Anda berhak untuk meminta bukti tertulis mengenai jumlah utang, perusahaan yang menagih, dan informasi penting lainnya.

BACA JUGA:6 Zodiak yang Mudah Merasa Kasihan melihat Orang Lain Susah

BACA JUGA:Resmikan Samsat Digital, Dirut Jasa Raharja: Pelayanan Lebih Mudah dan Cepat

3. Periksa Hukum Penagihan

Ketahui undang-undang dan regulasi yang mengatur praktik penagihan utang. Beberapa negara memiliki peraturan yang melindungi konsumen dari praktik penagihan yang kasar atau ilegal.

4. Jangan Mengancam atau Menghina

Hindari berbicara kasar, mengancam, atau menghina debt collector. Ini tidak akan membantu situasi Anda dan bahkan dapat memperburuknya.

5. Ajukan Pertanyaan yang Tepat

Tanyakan kepada debt collector tentang rincian utang Anda, termasuk jumlah total utang, bunga yang dikenakan, dan opsi pembayaran. Pastikan Anda memahami sepenuhnya apa yang mereka sampaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: