Legenda Sangkuriang, Asal Usul Tangkuban Perahu

Legenda Sangkuriang, Asal Usul Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu.-ist/jambi-independent.co.id-Pixabay

Suatu hari, Sangkuriang memerintahkan Tumang untuk mengejar babi betina yang tidak lain adalah ibunya, Dayang Sumbi.

Tumang menolak perintah tersebut, dan akhirnya Sangkuriang membunuh Tumang. Hati Tumang diambil dan diberikan kepada Dayang Sumbi untuk dimasak.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Provinsi Jambi Hari Ini, Selasa 27 Juni 2023

BACA JUGA:Rumah Kito Resort Hotel Hadirkan Paket Honeymoon Room Dan Romantic Dinner

Ketika Dayang Sumbi mengetahui bahwa yang dimasaknya adalah hati Tumang, dia marah dan mengusir Sangkuriang. Sangkuriang kemudian pergi meninggalkan tempat tinggalnya.

Setelah beberapa lama, Sangkuriang kembali ke tempat asalnya tanpa menyadari bahwa itu adalah tempat tinggalnya yang dulu.

Di sana, dia bertemu dengan seorang putri yang awet muda, yang tidak lain adalah ibunya, Dayang Sumbi. Keduanya jatuh cinta satu sama lain tanpa menyadari hubungan mereka sebagai ibu dan anak.

Namun, Dayang Sumbi kemudian menemukan bekas luka di kepala Sangkuriang dan menyadari bahwa Sangkuriang adalah anaknya sendiri. 

BACA JUGA:7 Shio yang Paling Mengayomi dan Memiliki Sifat Dewasa

BACA JUGA:Saat Kapolda Jambi Aktif Bertemu dengan Mantan Kapolda Jambi

Dia pun memberikan syarat agar Sangkuriang dapat menikah dengannya, yakni Sangkuriang harus membangun danau dan perahu, serta mengatasi sungai Citarum dalam waktu satu malam.

Sangkuriang yang memiliki kekuatan magis setuju dengan syarat tersebut. Dia hampir berhasil menyelesaikan tugas tersebut, tetapi Dayang Sumbi merasa khawatir dan meminta bantuan dewa.

Dewa memerintahkan Dayang Sumbi untuk mengibaskan selendangnya, dan dengan ajaib matahari muncul di ufuk timur, menandakan pagi telah tiba.

Sangkuriang merasa gagal dan marah. Dia menendang perahu yang hampir selesai, dan perahu itu terbalik dan menjadi gunung. Gunung tersebut kemudian dikenal dengan nama Tangkuban Perahu, yang artinya "terbalik" dalam bahasa Sunda.

BACA JUGA:Ajukan Pinjaman Online di Livin Mandiri Hingga Rp 100 Juta, Ini Syarat dan Ketentunanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: