Kenali, Ini Ciri Ciri Haji Mabrur, Tak Bisa Didapat oleh Semua Jemaah Haji

Kenali, Ini Ciri Ciri Haji Mabrur, Tak Bisa Didapat oleh Semua Jemaah Haji

Ciri ciri haji mabrur-Foto : ilustrasi-Pixabay

Menurut ulama ahli tafsir Alquran, Profesor Quraish Shihab dalam bukunya berjudul 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui, haji mabrur adalah tidak hanya terbatas pada pelaksanaan ibadah haji itu sendiri. 

Makna mabrur terwujud saat seorang jamaah haji pulang dari Tanah Suci dan tetap berpegang pada janji-janji yang diucapkan selama berada di Mekkah untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Dalam kitab berjudul Syarhus Suyuthi li Sunan an-Nasa'I oleh Jalaluddin as-Suyuthi, dijelaskan bahwa salah satu bukti seseorang telah mencapai haji mabrur adalah ketika ia menjadi lebih baik dari sebelumnya dan berusaha mengurangi perbuatan maksiat. 

BACA JUGA:Jangan Keki! Ini Zodiak Paling Cuek di Chat, Paling Gak Suka Basa Basi

BACA JUGA:Fotografer Profesional Puji Kemampuan Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Ini menunjukkan bahwa haji mabrur berdampak pada perubahan positif dalam perilaku dan kesalehan seseorang.

Ini ibadah yang juga melibatkan pemenuhan rukun dan wajib-wajib haji dengan penuh kesadaran dan ketaqwaan. 

Rukun haji seperti thawaf di Ka'bah, sai antara Safa dan Marwah, serta wukuf di Arafah, juga menjadi pilar-pilar penting dalam menunaikan haji yang mabrur.

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak ada balasan yang setimpal bagi haji mabrur kecuali surga," (HR Bukhari). 

Hal ini menegaskan bahwa haji mabrur adalah ibadah haji yang memiliki pahala besar dan hanya Allah yang dapat menentukan dan memberikan pahala yang setimpal atas haji yang sempurna tersebut.

BACA JUGA:Cek dengan Teliti..!! Ini Ciri-Ciri Hewan yang Layak Dijadikan Hewan Kurban

BACA JUGA:Pengendara Motor Kecelakaan Desa Penyengat Olak Terjamin Jasa Raharja, Hak Santunan Diterima Ibu Korban

Adapaun doa meminta haji mabrur:

Allahummaj'al hajjana hajjan mabruura, wa 'umratan 'umratan mabruura wasa'yanaa sa'yan masykuuraa wa dzanban dzanban maghfuura wa 'amalanaa 'amalan shaalihan maqbuulaa wa tijaaratan lan tabuura yaa 'aalima maa fish shudur akhrijnaa minadh dhulumaati ilan nuur.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah haji kami haji yang mabrur (baik dan diterima), umrah kami umrah yang mabrur, sa'i kami sa'i yang disyukuri, dosa kami dosa yang diampuni, amal kami amal shaleh yang diterima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi, wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam dada, keluarkanlah kami dari kedhaliman menuju cahaya (keimanan)." *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co