Hemat Anggaran, Disperkim Muaro Jambi Usulkan Pergantian Lampu Jalan dari Merkuri ke LED

Hemat Anggaran, Disperkim Muaro Jambi Usulkan Pergantian Lampu Jalan dari Merkuri ke LED

Disperkim Usulkan Pergantian Lampu Jalan dari Merkuri ke LED-ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Guna melakukan penghematan pembayaran Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Muaro Jambi berencana akan mengganti semua Lampu Merkuri dengan Lampu LED

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Firmansyah saat ditemui di ruangannya mengatakan, saat ini ada 5.348 lampu jalan yang terpasang di seluruh wilayah kabupaten Muaro Jambi.

Dari jumlah tersebut hampir 40 persen dalam kondisi tidak berfungsi dengan maksimal. 

Pada tahun 2022 lalu, kata Firmansyah, pihaknya sudah melaksanakan beberapa kali perbaikan dan mengganti bola lampu merkuri dengan bola lampu LED. 

BACA JUGA:Mobil Minibus Xenia Terbakar di Jalan Lintas Sumatera, Korban Dilarikan ke RS Sungai Rumbai

BACA JUGA:Ini 7 Arti dan Makna Cicak Jatuh ke Tubuh, Mitos Pertanda Baik Atau Buruk?

Sebanyak 148 buah bola lampu LED dipasang di sepanjang Jalan Lintas Timur Sumatera, mulai dari komplek perkantoran yang terletak di Kelurahan Sengeti hingga ke Jembatan Aur Duri, Desa Penyengat Olak, Kecamatan Jambi Luar Kota. 

"Dari Sengeti sampai ke Jembatan Aur Duri itu ada 350 buah bola lampu jenis merkuri, tahun 2022 lalu kita pasangkan lampu LED sebanyak 148 bua," ucap Firmansyah.

Dari pemasangan lampu LED itu, hasilnya, pembayaran LPJU yang sebelumnya mencapai Rp 558 juta, turun menjadi Rp 475 juta.

"Artinya ada penurunan atau penghematan tagihan listriknya sebesar Rp 83 juta perbulannya. Itu hanya di sepanjang jalan ini saj. Kalau semuanya diganti, lebih hemat lagi," sebutnya.

BACA JUGA:Deretan Zodiak yang Mudah Terpancing Amarah

BACA JUGA:Promo Alfamart Hari ini, Aneka Snack dengan Diskon Melimpah

Lampu merkuri memiliki Watt sebesar 150 Watt hongga 250 Watt. 

Sementara Lampu LED hanya 40 Watt. Jika semua lampu merkuri diganti dengan lampu LED, maka tidak mustahil terjadi penghematan anggaran antara Rp 6 - 7 milyar pertahunnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: