Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun Berlangsung Sukses

Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun  Berlangsung Sukses

Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun--

SAROLANGUN, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Sarolangun melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sarolangun tahun 2024 di ruang pola Kantor Bupati Sarolangun, Kamis 16 Maret 2023.

Kepala Bappeda Sarolangun, H Muhammad dalam laporannya mengatakan bahwa Musrenbang RKPD ini merupakan bagian dari mekanisme perencanaan sesuai dengan amanat Permendagri nomor 86 tahun 2017.

”Persentasi penduduk miskin Kabupaten Sarolangun sebanyak 8,67 persen tahun 2021 dan tahun 2022 turun menjadi 8,48 persen. Indeks pembangunan manusia kabupaten Sarolangun, 70,89 persen. Ada peningkatan di tahun sebelumnya 79, 25 persen,” katanya.

Dijelaskannya, bahwa di Kabupaten Sarolangun saat ini permasalahan yang terjadi mulai dari ketersedian ekonomi, infrastruktur, tata kelola pelayanan publik dan sumber daya manusia.

”Target yang kami susun pada tahun 2024 mendatang, pertumbuhan ekonomi 4,65 persen. Dan persentasi penduduk miskin dan tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,16 persen dan indeks pembangunan manusia menjadi 80,15 persen,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan, pada prinsipnya proses pembangunan itu memiliki dimulai dari perencanaan.

Menurutnya berdasarkan data dan fakta, semua rencana kegiatan akan terlaksana dengan baik.

”Dalam melaksanakan program dan kegiatan di Kabupaten Sarolangun itu tidak lepas dari yang namanya adalah data dan fakta,” ujarnya

Soal kesehatan, menurut Henrizal harus dibarengi dengan data seperti penanganan angka stunting, posyandu, dan program lainnya.

Pada tahun 2022, Pemkab Sarolangun sudah berhasil menurunkan angka stunting dari 21,46 persen dari tahun 2021 menjadi 16,8 persen di tahun 2022, namun tentu masih ada kekurangan data terkait anak  stunting.

”Jangan kita melaksanakan penyelenggaraan asal-asalan, akan tetapi harus akurat. Di bidang infrastruktur, kondisi jalan, status tanah seperti apa, panjangnya berapa. Begitu juga pendidikan, maka saya harapkan kepala OPD siapkan data yang valid dan sempurna,” ucapnya

Ia berharap dengan kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun tahun 2024, dapat menghasilkan rumusan perencanaan pembangunan daerah yang dapat membetikan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.*

 
 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: