Mengatasi Rasa Tak Nyaman: Penyebab Susah Buang Air Besar dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Rasa Tak Nyaman: Penyebab Susah Buang Air Besar dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi perut sakit -pixabay-Pixabay.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Sebuah perut yang kembung dan perasaan tidak nyaman merupakan salah satu gejala yang seringkali disebabkan oleh masalah pencernaan yang umum, yaitu susah buang air besar.

Susah buang air besar dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu, ketidaknyamanan ini juga bisa memengaruhi nafsu makan dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan susah buang air besar, dan penting bagi kita untuk mengenalinya. Dengan memahami penyebabnya, kita dapat mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini.

Berikut ini beberapa penyebab umum susah buang air besar dan cara mengatasinya:

BACA JUGA:Dalam Rangka Dies Natalis ke-60, Unja Gelar Seminar Nasional Pengelolaan Pertambangan Batu Bara di Jambi

BACA JUGA:Alhamdulillah! Ratusan Warga di Kelurahan Sungai Putri Kota Jambi Dapat Bansos Beras 10 Kg

Pola Makan Tidak Sehat

Salah satu penyebab utama susah buang air besar adalah pola makan yang tidak sehat. Kurangnya serat dalam makanan dapat menyebabkan feses mengeras dan sulit dikeluarkan.

Makanan seperti cokelat, daging merah, makanan cepat saji, produk olahan, dan makanan yang mengandung gluten dapat memperburuk masalah ini.

Untuk mengatasi hal ini, penting untuk mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Juga, pastikan untuk minum cukup air setiap hari.

Kurangnya Aktivitas Fisik

Gaya hidup yang kurang aktif juga dapat menyebabkan susah buang air besar. Aktivitas fisik membantu merangsang gerakan usus dan membantu meningkatkan kelancaran sistem pencernaan.

Jadi, jika Anda mengalami masalah sulit buang air besar, cobalah untuk meningkatkan aktivitas fisik Anda. Berjalan kaki, bersepeda, atau melakukan olahraga ringan secara teratur dapat membantu merangsang pergerakan usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: