Dalam Rangka Dies Natalis ke-60, Unja Gelar Seminar Nasional Pengelolaan Pertambangan Batu Bara di Jambi

Dalam Rangka Dies Natalis ke-60, Unja Gelar Seminar Nasional Pengelolaan Pertambangan Batu Bara di Jambi

Unja Gelar Seminar Nasional Pengelolaan Pertambangan Batu Bara di Jambi-Ist/jambi-independent.co.id-Unja.ac.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Dalam rangka dies natalis ke-60, Universitas JAMBI mengadakan seminar nasional dengan mengangkat tema “Pengelolaan Pertambangan Batu Bara Berbasis Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi JAMBI”. 

Seminarpengelolaan pertambangan batu bara di Jambi yang digelar pada Rabu, 10 Mei 2023 ini, dibuka langsung oleh Rektor Universitas Jambi, Prof Sutrisno, serta dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto.

Kemudian sebagai narasumber, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Kamid, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Yatno, para pejabat di lingkungan UNJA, instansi terkait dan undangan.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jambi, Prof Sutrisno, mengharapkan akan menumbuhkan satu inovasi dalam kegiatan penelitian dan pengabdian serta bagaimana para dosen-deosen serta mahasiswa dapat melihat bagaimana persoalan tentang tata kelola batubara ataupun tata kelola pertambangan.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Ratusan Warga di Kelurahan Sungai Putri Kota Jambi Dapat Bansos Beras 10 Kg

BACA JUGA:Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami dengan Teh: Manfaat Teh Hijau, Teh Hitam, dan Teh Herbal

Kemudian berkaitan dengan tempramental protection kemudian konservasi lingkungan serta bagaimana perubahan lahan pasca tambang ini menjadi menarik dapat dicermati, dapat dilihat, dapat diteliti, dari berbagai multidimensi baik itu sosial ekonomi, budaya, maupun perdagangan internasional.

“Ini menjadi isu menarik dapat dicermati, dapat dilihat, dapat diteliti dari berbagai multidimensi baik itu sosial ekonomi, budaya, maupun perdagangan internasional,” ungkap Prof Sutrisno.

Prof Sutrisno, menyebutkan pengelolaan batu bara di Jambi menjadi isu menarik, kerena secara ilmiah memiliki senyawa kimia yang dapat memicu permasalah.

“Batu bara ini secara kimiawi memiliki unsur senyawa seperti hidrokarbon, hydrogen, nitrogen dan senyawa lainnya yang dapat menimbulkan masalah. Misalnya itu kalau sudah ditambah senyawa lain akan terjadi satu peristiwa namanya pencemaran udara maupun pencemaran lain yang ada,” jelasnya.

BACA JUGA:Pakai Aneka Baju Adat dan Diiringi Barongsai, Bacaleg Partai Nasdem Daftar ke KPU Bungo

BACA JUGA:Simak Nih, Pesan Gubernur Jambi Al Haris untuk Seluruh Camat di Provinsi Jambi!

Sementara itu, Dr Lana Saria, Direktur Pembinaan Pengusaha Batu bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia menyampaikan bahwa sangat mendukung serta mendorong agar prinsip tata kelola pertambangan yang baik dan hilirisasi batubara berbasiskan kesejahteraan masyarakat.

Fiqri Maiza Wahyulia dan Shela Dwi Anggrai mahasiswi fakultas hukum peserta seminar nasional sangat antusias dan bersemangat untuk mengikuti seminar nasional yang bertemakan pertambangan batu bara kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: unja.ac.id