Waspada Puluhan Stiker QRIS Palsu di Masjid, Polisi Identifikasi Pelaku, Uang Infaq Masuk Rekening Pribadi

Waspada Puluhan Stiker QRIS Palsu di Masjid, Polisi Identifikasi Pelaku, Uang Infaq Masuk Rekening Pribadi

QRIS palsu tersebar di beberapa masjid di Jakarta-Foto : ilustrasi-Net

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Lebih dari 50 stiker QRIS palsu tersebar di beberapa masjid di Jakarta. Sejauh ini, polisi sudah mengidentifikasi pelaku. Ternyata dari hasil identifikasi pelakunya adalah 1 orang yang sama.

Penempelan QRIS palsu ini merupakan salah satu penipuan berkedok kotak amal masjid. Dimana masyarakat bisa bersedekah ke masjid hanya dengan menempelkan atau scan QR code yang ada di QRIS  yang ditempel di masjid tersebut.

Namun, dengan QRIS palsu yang ditempel di masjid, maka uang masyarakat yang bersedekah secara otomatis akan masuk ke rekening pribadi pelaku, bukan rekening masjid.

Terkait kejadian ini, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Kabid Humas Polda Metro Jaya mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan identifikasi terhadap pelaku yang menempelkan QRIS palsu di beberapa masjid di wilayah Jakarta.

BACA JUGA:Info Loker BUMN : Lowongan Kerja untuk S1 dan S2 Jurusan IT dari PT PNM, Ini Syarat dan Ketentuannya

BACA JUGA:Kabar Gembira..! TPP ASN Batanghari Segera Cair

"Pelaku orang yang sama baik di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Utara,"ujarnya.

 

Hanya saja, Kombes Pol Yudo tidak menjelaskan secara detil tentang pelaku. Menurut Kombes Pol Yudo bahwa kasus penempel QRIS palsu ini tengah ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

 

Sementara itu, Kasi Humas Polres Tangerang Selatan Ipda Galih mengatakan polisi telah memonitor dan masih menyelidiki penempelan QRIS palsu di beberapa masjid di Jakarta itu.

 

 

"Sudah monitor kejadian tersebut, akan diselidiki oleh polres maupun polsek," ujar Iptu Galih.

Dikatakannya bahwa sejauh ini belum ada laporan terkait kejadian tersebut ke polisi. 

BACA JUGA:Asiik..! Ada Diskon Tarif Tol Trans Sumatera Selama Arus Mudik Lebaran Idul Fitri, Pulang Kampung Lebih Hemat

BACA JUGA:KPK vs Polri, Brigjen Endar Tetap Mau Ngantor

"Sampai saat ini belum ada laporan resmi terkait kejadian tersebut, baik di polres maupun polsek. Namun tetap akan diselidiki," jelas Iptu Galih.

Iptu Galih juga menyampaikan akan memberi imbauan kepada pengelola masjid yang ada di Tangsel. Polisi akan meminta pengelola waspada dan selalu mengecek keaslian stiker QRIS.

"Akan dihimbau ke DKM masjid-masjid di wilkum (wilayah hukum) Polres Tangsel oleh Bhabinkamtibmas, agar DKM masjid waspada mengecek keaslian stiker QRIS-nya," bebernya.

Sebelumnya, penipuan berkedok stiker barcode QRIS kotak amal terjadi di beberapa masjid di Jakarta. Diantaranya di Masjid Istiqlal, di Masjid Nurul Iman, dan Blok M Square, Jakarta Selatan.

"Iya betul. Penempelan diketahui sekitar tiga hari yang lalu," kata Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat dikonfirmasi, Selasa, 11 April 2023.

BACA JUGA:Pemprov Jambi Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri RI, Sekda: Inflasi Jambi Alami Penurunan

BACA JUGA:Jalan di Buluran Rusak, Wali Kota Jambi Syarif Fasha: Silakan ke PUPR Provinsi Jambi

Bahkan setelah ditelusuri, ditemukan 50 stiker barcode QRIS kotak amal palsu yang ditempel di sekitar Masjid Istiqlal. Petugas pun langsung mencopot stiker tersebut untuk menghindari jatuhnya korban.

"Total ada 50 stiker. Kita serahkan ke pihak bank. Bank yang punya QRIS yang usut," jelasnya.

Abu mengatakan, aksi penipuan ini terungkap setelah salah seorang petugas Masjid Istiqlal mencurigai stiker barcode QRIS yang tertempel pada kotak amal di masjid itu.

Dalam QRIS tersebut terdapat tulisan 'restorasi masjid' di stiker barcode QRIS tang tertempel di Masjid Istiqlal.

"Ada petugas kita yang curiga. Kok ada tulisan restorasi mesjid. Akhirnya kita copot semua,"ujarnya.

BACA JUGA:Arus Mudik Lebaran Idul Fitri Melalui Bandara Muara Bungo Meningkat 3 persen

BACA JUGA:Cek Update Harga Emas Hari Ini, 11 April 2023, USB dan Antam Kompak Turun Nih Bun...

Kasus ini akhirnya juga terungkap setelah petugas mengecek cctv dan terlihat di sebuah video yang memperlihatkan seorang pria mengganti barcode QRIS pada kotak amal sebuah masjid viral di media sosial.

Aksi pelaku kemudian terekam kamera pengawas dan diketahui lokasinya berada di Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta Selatan.

“Modus penipuan berkedok QRIS tersebut dilakukan untuk menyedot uang amal dari para jemaah masjid,” tulis akun Instagram @merekamjakarta dikutip, Senin 10 April 2023. *


 

 

 

Artikel ini juga tayang di disway.id
Dengan judul pelaku penempel stiker Qris palsu di masjid telah terindifikasi polisi Jakarta Selatan dan Jakarta Utara orangnya sama

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id