Atur Keuangan Saat Ramadan agar Kantong Tak Bolong, Ikuti Tips Hemat Saat Ramadan

Atur Keuangan Saat Ramadan agar Kantong Tak Bolong, Ikuti Tips Hemat Saat Ramadan

Atur keuangan saat bulan ramadan-Foto : ilustrasi-Pixabay

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Atur keuangan saat Ramadan agar kantong tak bolong. Ikuti tips hemat saat Ramadan. 

 

Memasuki bulan ramadan, biasanya biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari hari akan semakin bertambah. Khususnya umat muslim yang berpuasa, akan mengeluarkan anggaran yang lebih banyak dari biasanya.

 

Sebut saja biaya untuk berbuka puasa dan juga untuk sahur. Belum lagi biaya untuk keperluan lainnya.

 

Nah, Anda pun harus pandai pandai mengatur keuangan saat bulan ramadan. Jika tidak, maka Anda akan kewalahan untuk memenuhi kebutuhan selama ramadan bahkan hingga lebaran nanti.

 

1. Mencatat Pengeluaran Harian

Setelah membuat rencana keuangan, kamu harus rajin mencatat pengeluaran harian secara konsisten. Hal ini berguna agar kamu tahu kemana saja uang yang kamu keluarkan.

Ketika kamu tidak mencatat pengeluaran harian, kamu bakal berpotensi untuk lebih boros karena lupa telah mengeluarkan berapa rupiah untuk per harinya.

2. Membuat Rencana Keuangan

Kamu perlu membuat daftar pengeluaran yang bakal terjadi di saat Ramadhan seperti sahur, berbuka, takjil, buka bareng teman-teman atau korporet, dan lain-lain.

 

Jangan lupa juga untuk menyiapkan anggaran zakat fitrah dan sedekah. Selain itu, kamu harus memperhatikan mana yang menjadi prioritas dan mana yang bukan. Demikian juga jika keuanganmu sedang mepet, kamu bisa mempertimbangkan mana yang harus didahulukan.

BACA JUGA:Kapolres Bungo Dengarkan Keluh Kesah Pedagang Pasar Bawah

BACA JUGA:Sebut DPR sebagai Dewan Perampok Rakyat, BEM UI Posting Meme Puan Maharani Berbadan Tikus

3. Menahan Keinginan Untuk Belanja

Hampir setiap orang ingin membeli barang baru, baik itu pakaian, sepatu, aksesoris dan lainnya untuk lebaran dan makanan yang beraneka ragam di rumah. Tetapi, kamu harus ingat juga tentang rencana keuangan dan prioritas yang telah kamu buat sebelumnya.

Andai ada sisa dari keuangan yang telah kamu prioritaskan dan tujuan keuangan telah terpenuhi, Boleh-boleh saja kamu membeli barang baru yang kamu inginkan dan beragam makan untuk lebaran. Perlu diingat agar kamu tidak membelanjakan uang untuk kebutuhan yang bukan prioritas hanya karena nafsu sesaat.

Demikianlah tips yang dapat kamu lakukan di Bulan Ramadhan nanti. Semoga di Ramadhan kali ini keuangan kita tidak membengkak dari tahun-tahun sebelumnya. (*)

 

 

Artikel ini juga tayang di jabarekapress.com

Dengan judul tips agar keuangan aman saat ramadhan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jabarekspres.com