Salurkan Pembiayaan Tepat, Bank BTPN Syariah Rangkul Kaum Perempuan Naik Kelas dan Miliki Usaha Sendiri

Salurkan Pembiayaan Tepat, Bank BTPN Syariah Rangkul Kaum Perempuan Naik Kelas dan Miliki Usaha Sendiri

Ainul Yaqin, Corporate & marketing communucation head BTPN Syariah saat bertemu dengan para perempuan keluarga inklusi di Desa Pudak Kabupaten Muaro Jambi, Kamis 9 Maret 2023-Foto : Surya Elviza-Jambi-independent.co.id

"Pendekatan yang humanis menjadi kunci utama dalam pola pendampingan yang dilakukan. Community officer kami melayani Ibu-Ibu di Jambi seperti layaknya Ibu sendiri agar mereka mampu mewujudkan hidup yang lebih berarti,"jelasnya.

Pembiayaan nasabah inklusi yang diberikan BTPN Syariah diberikan berkelompok yang kami sebut Tepat Pembiayaan Syariah, adalah pembiayaan tanpa jaminan yang diberikan untuk modal usaha bagi masyarakat inklusi khususnya perempuan.

BACA JUGA:Update Harga BBM Pertamina Hari Ini Turun Rp 1.000-Rp 1.200 per Liter, Begini Cara Daftar MyPertamina

BACA JUGA:Gadaikan Mobil Cicilan, Warga Kumpeh Diganjar Hukuman Penjara 10 Bulan

 Pembiayaan berkelompok ini memiliki tujuan untuk membangun 4 karakter pada diri nasabah, yaitu Berani berusaha, Disiplin, Kerjasama dan Saling Bantu yang diharapkan prilaku tersebut dapat menyebar sehingga tercapai tatanan masyarakat yang memiliki kekuatan secara ekonomi disuatu daerah.

Pembiayaan ini diberikan sebagai modal usaha khusus kepada ibu-ibu prasejahtera yang  ada di pedesaan atau pinggiran kota di berbagai daerah di Indonesia untuk memulai usaha atau meningkatkan usaha mikronya.

Tidak hanya memberikan akses keuangan dan modal usaha, Tepat Pembiayaan Syariah juga mengupayakan pemberdayaan melalui Pelatihan dan Pendampingan yang berkala dibidang pengetahuan keuangan, kewirausahaan dan kesehatan.

Tepat Pembiayaan Syariah memiliki paket komplit untuk memberikan perubahan kehidupan nasabah prasejahtera meliputi : 

1. Paket Keuangan.

Ini meruBantuan modal usaha yang diberikan kepada nasabah untuk menjawab kebutuhan membangun dan mengembangkan usaha produktif. 

Bantuan ini kemudian dikembalikan dalam bentuk angsuran dua mingguan. Nasabah juga memperoleh manfaat tambahan lainnya yaitu asuransi jiwa untuk nasabah dan suami, tabungan, serta pembebasan angsuran setiap Hari Raya Idul Fitri.

 Setelah 3 siklus dapat dilalui dengan baik, nasabah akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pembiayaan perbaikan rumah dan pendidikan anak. 

Selain itu, nasabah dapat terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan melalui program pendampingan berkelanjutan yang meliputi topik kesehatan, kewirausahaan dan pengembangan komunitas.  

"Nasabah dikelompokkan dalam satu sentra yang anggotanya dipilih sendiri oleh nasabah, dipimpin oleh Ketua Setra yang dipilih oleh anggota sentra,"jelasnya.

BACA JUGA:Gegara Ini, Rekonstruksi Penganiayaan David Ozora Ditunda, AG Pacar Mario Dandy Ditahan Polda Metro Jaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: