Noviardi : Anomali Pertumbuhan Ekonomi Jambi

Noviardi : Anomali Pertumbuhan Ekonomi Jambi

Anomali pertumbuhan ekonomi Jambi-Foto : Dok Noviardo-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pengamay Ekonomi Jambi Noviardi menilai anomali pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi sudah sejak satu dekade lalu memunculkan tanda - tandanya. Indikasinya ketika Jambi mampu melakukan pertumbuhan ekonomi, namun pada saat bersamaan kemiskinan juga bertambah.

Idealnya, pertumbuhan bisa memangkas kemiskinan, bukan sebaliknya pertumbuhan yang melahirkan kelompok miskin baru. Sebuah anomali, kondisi yang terbalik dari semestinya.

Gejala kemiskinan dan pertumbuhan yang tak diharapkan ini dapat dilihat dari rilis BPS terakhir. Data BPS itu menyatakan Pertumbuhan kumulatif ekonomi Provinsi Jambi tahun 2022 mencapai 5,13 persen.

Namun nyatanya pertumbuhan tidak mengubah banyak struktur pendapatan masyarakat. Buktinya, bisa dilihat dari angka angka kemiskinan di Provinsi Jambi yang justru meningkat. 

BACA JUGA:Ini 3 Modus Pelaku Penipuan Lewat WhatsApp, Bisa Bikin Rekening Ludes

BACA JUGA:Mau Daftar CPNS Kemenkumham 2023? Cek Gaji dan Tunjangan PNS Kemenkumham, Jadi Incaran Formasi CPNS 2023

Tahun 2022, Jumlah penduduk miskin di Provinsi Jambi naik 4.450 orang, atau sebanyak 283.820 orang. Angka tersebut naik sebanyak 4.450 orang dibandingkan bulan Maret 2022.

Perbandingan sederhana untuk mengambarkan anomali ini di Pulau Sumatera, Jambi berada di posisi ke tujuh paling banyaknya penduduk Miskin, namun disisi lain pertumbuhan ekonomi Jambi termasuk paling tinggi di regional sumatera.

Pertanyaannya, bagaimana mungkin pertumbuhan ekonomi terbaik di Sumatera tapi kemiskinan justru salah satu paling tinggi di Swarna Dwipa ? Tulisan ini mencoba menjawabnya.

Dalam dua tahun lebih kepemimpinan Gubernur Al Haris angka kemiskinan Provinsi Jambi mengalami stagnasi atau tak mengalami perubahan bahkan cenderung meningkat. 

BACA JUGA:Peraturan Terbaru Menikah 2023, Pasangan Wajib Miliki Sertifikat Nikah 3 Bulan Sebelum Akad, Ini Cara Mendapat

BACA JUGA:Masih Ada Hutang Puasa Ramadan Tahun Lalu? Saatnya Bayar Puasa Ramadan di Bulan Rajab, Ini Niat dan Keutamaann

Fakta lain, kemiskinan yang meningkat ini disaat APBD Provinsi Jambi meningkat, di 2023 ini saja APBD Jambi mencapai 5,2 triliun, meningkat dari 4,7 triliun di tahun 2022 dan 4,5 triliun di 2021. Namun, sayangnya besaran anggaran ini kurang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Soal Ekonomi misalnya, meski Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Provinsi Jambi trend meningkat. Namun tidak berdampak pada kestabilan serta kesejahteraan masyarakat. Pada khususnya masyarakat eknomi menengah ke bawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: