Puluhan Hektar Tanaman Warga Tertutup Abu Vulkanik Gunung Kerinci

Puluhan Hektar Tanaman Warga Tertutup Abu Vulkanik Gunung Kerinci

Puluhan tanaman warga tertutup abu vulkanik gunung kerinci-Foto : saprial-Jambi-Independent.co.id

KERINCI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Puluhan hektar lahan pertanian dan tanaman warga kecamatan Gunung Tujuh terkena abu vulkanik dari Gunung Kerinci . Dampak abu vulkanik Gunung Kerinci ini dirasakan warga sejaksejak Jum’at, 3 Februari hingga Sabtu siang 4 Februari 2023 terkena Erupsi Gunung Kerinci

Dengan terjadi erupsi Gunung Kerinci puluhan hektar tanaman masyarakat Kecamatan Gunung Tujuh berupa cabai, koll dan kentang serta sayuran lainnya terancam mati jika tidak terjadi hujan.

Hal ini disampaikan. Kepala Desa tekun berasap, Tito Yudistira, dihubungi via ponselnya mengatakan bahwa puluhan hektar lahan pertanian warga di Kecamatan Gunung Tujuh terkena abu Vulkanik sejak Jumat malam.

 " Ya, semua desa di Kecamatan Gunung Tujuh terkena abu gunung kerinci,"jelasnya 

BACA JUGA:12 Dokter Spesialis RS Sungai Penuh Dirumahkan, Menteri Kesehatan Minta Dinkes Sungai Penuh Bertindak

BACA JUGA:BREAKING NEWS : Gunung Kerinci Kembali Erupsi Semburkan Abu 200 meter

Sementara itu Kades Lubuk Pauh, Imsumatlan, dikonfirmasi mengatakan bahwa semburan Abu Vulkanik membuat tanaman warganya terkena abu vulkanik.

"Semua desa di Kecamatan Gunung Tujuh terkena sebagian besar parah semua,desa kami termasuk paling parah, hal ini dikerena arah angin ke arah timur,"jelasnya. 

Warga kami terpaksa melakukan semprot lahan pertanaman karena takut mati, kalau sampai satu Minggu tidak hujan dan tanaman tidak disiram maka tanaman akan mati. " Saat ini pun hujan abu vulkanik masih terjadi, terlihat dari jemuran warga yang terlihat kena abu dari gunung kerinci,"katanya.

Sebelumnya, Gunung Kerinci mengalami erupsi Sabtu pagi, 4 Februari 2023. Aktivitas Gunung Kerinci terus meningkat pagi ini sekitar pukul 06.46 wib. Gunung tertinggi di Sumatera ini kembali keluar abu vulkanik berwarna kelabu setinggi lebih kurang 200 meter, selain erupsi abu vulkanik juga terdeteksi adanya gempa Tremor. 

Nuvo, salah seorang warga membenarkan. Bahwa pagi ini gunung kerinci terlihat mengeluarkan abu berwarna kelabu, dan saat ini masih terjadi dan terlihat Puncak Gunung Kerinci keluarkan abu. 

BACA JUGA:Mendadak, Bupati Fadhil Arief Lantik Pejabat di Lingkup Pemkab Batanghari, Ini Nama Pejabat yang Dilantik

BACA JUGA:5 Jurusan Prioritas yang Paling Dibutuhkan untuk Formasi CPNS 2023, Bukan Nakes dan Guru!

"Ya, pagi ini memang terlihat ada erupsi di Gunung Kerinci,"kata sumber media ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: