Berbahaya..!! Ciki Ngebul Mengandung Nitrogen Cair, Anak 6 Tahun Terpaksa Jalani Operasi Akibat Keracunan

Berbahaya..!! Ciki Ngebul Mengandung Nitrogen Cair, Anak 6 Tahun Terpaksa Jalani Operasi Akibat Keracunan

Jajanan ciki ngebul berbahaya bagi kesehatan-Foto : ilustrasi-Net

JEMBER, JAMBI- INDEPENDENT.CO.ID - Orang tua wajib waspada. Jajanan ciki ngebul yang kerap dikonsumsi oleh anak anak ternyata  berbahaya. 

Sebab, jajanan ciki ngebul tersebut mengandung zat nitrogen cair yang jika dikonsumsi berlebihan akan berbahaya bagi tubuh.

Penggunaan nitrogen cair untuk makanan tak boleh langsung dikonsumsi lantaran bisa menimbulkan berbagai efek samping, seperti sesak napas, infeksi pada pencernaan, dan trauma pada organ pencernaan.

Seperti kasus bocah 6 tahun di Jember yang keracunan zat nitrogen cair dari jajanan ciki ngebul. Akibatnya, bocah tersebut terpaksa harus dioperasi.

BACA JUGA:Serahkan Bantuan Pada Warga Tionghoa, Fasha: Jangan Membeda-bedakan Suku, Ras, dan Agama

BACA JUGA:Dilarang Bicara Hantu, Tuyul dan Kematian, Ini 8 Mitos Dipercaya saat Perayaan Imlek, Sambut Shio Kelinci 2023

Dinas Kesehatan Kabupaten Jember menerima laporan anak berusia enam tahun diduga keracunan nitrogen cair setelah mengonsumsi Ciki Ngebul seperti dikutip dari JPNN.com

Bocah tersebut berinisial G tinggal di Kecamatan Puger. Dia membeli jajanan tersebut di wilayah Kecamatan Kencong.

“Gejala yang timbul dalam pencernaannya seperti mual, muntah, nyeri, dan diare,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Jember dr Koeshar, Jumat 13 Januari 2023.

Gejala tersebut terus dirasakan si anak selama beberapa hari dan dari hasil diagnosis dinyatakan mengalami infeksi pada pencernaan. Walhasil dilakukan pemeriksaan dan tindakan operasi bedah.

BACA JUGA:Rekomendasi 3 Tempat Nongkrong di Kota Jambi yang Asik dan Nyaman, Instagramable!

BACA JUGA:Didominasi Coklat dan Manisan, Warga Tionghoa Jambi Hunting Kue Khas Imlek, Sambut Tahun Shio Kelinci Air 2023

“Pasien sudah menjalani operasi dan kondisinya dikabarkan membaik di salah satu rumah sakit swasta Jember, tetapi masih perlu penanganan intensif dari tim medis. Kami terus memantau perkembangannya,” tuturnya.

“Kami gencar melakukan sosialisasi dan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung nitrogen seperti Ciki Ngebul karena membahayakan kesehatan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com