Harga BBM Semakin Mahal? Ini 6 Alternatif Energi Baru Pengganti BBM yang Bisa Digunakan

Harga BBM Semakin Mahal? Ini 6 Alternatif Energi Baru Pengganti BBM yang Bisa Digunakan

CNG sebagai salah satu alternatif pengganti BBM-Foto : dok-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Saat ini jumlah kendaraan yang semakin banyak bahkan membludak. Hal itu membuat kebutuhan bensin terus meningkat. Bahkan bisa habis jika digunakan secara terus menerus.

Seperti yang diketahui bahwa bensin dan solar merupakan SDA yang tidak bisa diperbarui. Oleh sebab itu, diperlukan bahan bakar kendaraan alternatif yang bisa menggantikan bensin dengan baik.

Saat ini Bahan bakar baru pengganti BBM yang sedang dikembang pemerintah itu bernama CNG. CNG sendiri adalah bahan bakar gas yang dibuat dengan melalui kompresi metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam atau disebut juga dengan Compressed Natural Gas.

Dibandingkan dengan bensin, bahan bakar alternatif tersebut lebih ramah lingkungan. Namun selain CNG masih banyak energi alternatif lain yang juga bisa dikembangkan. Serta efektif untuk dikembangkan dan dipergunakan di masyarakat.

BACA JUGA:Pengumuman untuk Kepsek SMA dan SMK di Jambi, Disdik Keluarkan Surat Larangan Pungutan dalam Bentuk Apapun

BACA JUGA:Siap-siap, KPU Sudah Buat Pengumuman Tahapan Pemilu Serentak 2024, Lihat Jadwalnya Disini

Lalu apa saja alternatif bahan bakar kendaraan pengganti bensin yang efektif tersebut? Silahkan simak dibawah ini ya.

1. Etanol

Alternatif bahan bakar kendaraan pengganti bensin pertama adalah Etanol. Jika dilihat dari namanya etanol merupakan campuran dalam minuman alkohol. Yang membedakannya adalah etanol yang satu ini telah dicampurkan dengan bensin.

Umumnya cairan yang satu ini digunakan untuk mobil penumpang. Kebanyakan cairan ini digunakan untuk truk, motor, mesin pertanian dan moped.

Etanol berasal dari proses fermentasi gula secara alami, berasal dari tanaman menggunakan ragi yang distilasi dan dikeringkan.

Bensin yang dicampur dengan etanol mampu mengoksidasi bahan bakar sehingga membuat bekerja lebih efektif dan mengurangi emisi. Hal tersebut membuat etanol menjadi salah satu energi alternatif yang baik digunakan untuk mengurangi pencemaran udara.

BACA JUGA:Ini Sederet Gelar yang Didapat Messi Bersama Klub dan Negara Usai Piala Dunia 2022

BACA JUGA:Harga BBM Hari ini, Pertamina Berikan Himbauan Kepada Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarkaur.co.id