Siap-siap, KPU Sudah Buat Pengumuman Tahapan Pemilu Serentak 2024, Lihat Jadwalnya Disini

Siap-siap, KPU Sudah Buat Pengumuman Tahapan Pemilu Serentak 2024, Lihat Jadwalnya Disini

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Idham Kholik--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia sudah memulai mengumumkan tahapan pemilihan umum serentak pada tahun 2024 mendatang.

Salah satu komisioner KPU RI, Idham Kholik saat diwawancarai menjelaskan jadwal dan tahapan terdekat jelang pemilu 2024 ini, terutama terkait jadwal pendaftaran dan verifikasi serta penetapan partai politik peserta pemilu.

"Ini sesuai dengan lampiran Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu," ujar Idham Kholik saat ditemui media, Jumat, 29 Juli 2022.

Seperti dilihat di situs resmi KPU, dijelaskan pada bab II, pasal 4 bahwa pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu meliputi pendaftaran, verifikasi administrasi, verifikasi faktual dan penetapan.

BACA JUGA:Ternyata Ini, Nama-Nama dan Pangkat Squad Ferdy Sambo

BACA JUGA:Amerika Serikat Resmi Alami Resesi, Ini Dampaknya Bagi Indonesia

Sebelum memasuki pendaftaran, Idham memgatakan bahwa pihak KPU RI sudah melakukan pengumuman sejak 29 Juli sampai dengan 31 Juli 2022.

"Ketua kami sudah menyampaikan pukul 00.00 WIB, kemudian kami juga sudah melakukan pengumuman melalui media sosial ataupun melalui messenger atau melalui pesan papan pengumuman," jelas Idham.

"Kita juga sudah diseminasikan ke publik secara luas. Pengumuman ini dilangsungkan sampai tanggal 31 Juli 2022," lanjutnya.

Kemudian barulah masuk masa pendaftaran yang mana masa pendaftaran ini berlangsung selama 14 hari, yaitu dari tanggal 1 sampai dengan 14 Agustus 2022.

BACA JUGA:Tagar Blokir Kominfo Menggema, Netizen Persoalkan Masalah Ini

BACA JUGA:Hanya Dalam Beberapa Jam Lukisan Jhonny Depp Laku Puluhan Juta Dolar Amerika di Castle Fine Art Inggris

Idham mengatakan bahwa waktu pendaftaran akan dimulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, kecuali tanggal 14 Agustus 2022 yang mana waktu pendaftaran di tanggal tersebut diperpanjang sampai jam 23.59 WIB.  

Kemudian, berbarangan dengan waktu pendaftaran, yakni 2 Agustus 2022, pihak KPU RI sudah mulai melakukan verifikasi administrasi dokumen persyaratan partai politik yang berlangsung hingga 11 September 2022.

"Satu hari setelah dibuka pendaftaran, yakni tanggal 2 Agustus, KPU sudah mulai melakukan verifikasi administrasi sampai tanggal 11 September 2022" kata Idham.

Lalu pada 14 September 2022, KPU RI akan menyampaikan hasil rekapitulasi verifikasi administrasi partai politik dan bawaslu.

BACA JUGA:Elon Musk Gugat Balik Twitter

BACA JUGA:Sebelum Tewas, Brigadir J Ternyata Diancam Pria Berinisial D, Ini Penjelasannya

Usai dari itu, KPU RI akan memberikan kesempatan untuk perbaikan dokumen persyaratan dan penyampaian dokumen persyaratan partai politik yang akan mulai dibuka pada 15 sampai dengan 28 September 2022.

"Kemudian, kami akan lakukan verifikasi administrasi perbaikan terhadap dokumen perbaikan yang diserahkan pada kami mulai tanggal 29 September sampai 12 Oktober 2022," tuturnya.

Setelah dilakukan verifikasi administrasi perbaikan, pada 14 Oktober 2022, KPU RI akan mengumumkan langsung kepada publik terkait hasil rekapitulasi verifikasi partai politik dan bawaslu.

Lalu dilanjutkan dengan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik yang dimulai pada tanggal 15 Oktober sampai dengan 4 November 2022.

BACA JUGA:Ditelpon Tak Diangkat, Komedian Chris Rock Tak Gubris Permintaan Maaf Aktor Will Smith

BACA JUGA:Benarkah Toge Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma Pria? Ini Penjelasannya..

"Penyampaian hasil rekapitulasi verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan kepada partai politik dan bawaslu dilakukan 9 November 2022," jelas Idham.

Lebih lanjut, Idham menyebutkan pada 10 sampai 23 November 2022 merupakan masa perbaikan persyaratan kepengurusan dan keanggotaan serta penyampaian dokumen persyaratan perbaikan oleh partai politik.

"Selanjutnya dilakukan verifikasi faktual perbaikan persyaratan partai politik ini mulai tanggal 24 November hingga 7 Desember 2022," imbuhnya.

Setelah semua rangkaian jadwal pemilu serentak 2024 telah dilaksanakan, barulah masuk ke tahapan terakhir di tahun 2022 yaitu penetapan untuk kepesertaan pemilu sekaligus penetapan hasil pengundian nomor utut partai politik peserta pemilu, yakni pada 14 Desember 2022.

BACA JUGA:Waduh..! Kim Jong Un Tegaskan Siap Perang Nuklir Dengan AS dan Korsel

BACA JUGA:Viral Penerima Beasiswa LPDP Tak Mau Pulang ke Indonesia, Siap-siap Kena Sanksi Ini

"Jadi masa pendaftaran sampai dengan masa penetapan partai politik peserta pemilu, kemudian pengundian nomor urut sampai pengumumman, kami lakukan selama 4 bulan," paparnya.

Diketahui, per tanggal 29 Juli 2022, pukul 13.00 WIB, Idham mengatakan bahwa sudah ada 39 partai politik di tingkat nasional dan 8 partai politik Aceh.

Idham pun juga mengaku bahwa proses pendaftaran, verifikasi serta penetapan partai politik dilakukan secara terbuka.

"Pelaksanaan tahapan ini bersifat terbuka, buktinya bawaslu kami beri kesempatan melakukan pengawasan sesuai dengan kewenangan atributif yang diberikan oleh UU pemilu, pemantauan juga kami berikan akses, publik juga kami berikan akses," tandasnya. (*/dra)

Artikel ini telah tayang di disway.id dengan judul Masuk Tahap Pendaftaran, Berikut Tahapan-Tahapan Pemilu di Tahun 2022

 
 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: