Tingkatkan Mutu Pendidikan, Unja Laksanakan Workshop Desain Bahan Ajar berbasis CBL dan PjBL

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Unja Laksanakan Workshop Desain Bahan Ajar berbasis CBL dan PjBL

Unja Laksanakan Workshop Desain Bahan Ajar berbasis CBL dan PjBL-Humas Unja-Unja.ac.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Universitas Jambi (Unja) menggelar workshop pengembangan desain bahan ajar dengan isu lingkungan dan pembagunan berkelanjutan sebagai model implementasi Case-Method Learning (CBL) dan Project Based Learning (PjBL). 

Kegiatan workshop ini dihadiri oleh Rektor Universitas Jambi, Prof Sutrisno, Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerja Sama dan Sistem Informasi, Prof Rayandra Asyhar, serta Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), Sunarti. 

Kegiatan workshop tersebut dilaksanakan selama dua hari, di Mahligai 9 Jambi, mulai pada Senin 21 November 2022. 

Pelaksanaan hari kedua, akan dilaksanakan di Kampus Unja Mendalo.

BACA JUGA:Ramalan Karier Berdasarkan Zodiak, Scorpio, Aktivitas Romantis tidak Akan Menghalangi Karier Anda 

BACA JUGA:Kisah Cinta Zodiak Kamu, 23 November 2022, Sagittarius, Anda Akan Menikmati Energi Hari Ini

Beberapa narasumber yang hadir diantaranya Rayandra Asyhar, Muhammad Haris Efendi Hasibuan, Zurweni, dan Evan Johan Wicaksana.

Dihadiri oleh 70 peserta yang merupakan Ketua Jurusan, Ketua Prodi, dan dosen yang ada di lingkup UNJA.

Case-Method Learning (CBL) merupakan metode pembelajaran partisipatif berbasis diskusi untuk memecahkan kasus atau masalah. Penerapan metode ini akan membantu mahasiswa mengasah dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis untuk memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, dan kreativitas.

Sedangkan Project Based Learning (PjBL) merupakan metode yang dibangun di atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata berbasis proyek yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran serta ini juga bertujuan untuk mendukung Indeks Kinerja Utama (IKU 7) mengenai kelas yang kolaboratif dan partisipatif serta evaluasi berbasis proyek kelompok atau studi kasus.

BACA JUGA:Zodiak Kamu, 23 November 2022, Taurus, Tindakan Bisa Cepat dan Intens Hari Ini

BACA JUGA:Sebelum Tol Jambi-Betung Selesai, Pahami Dulu Tips Aman dan Nyaman Mengemudi di Jalan Tol

Dalam kesempatan ini, Rektor Unja memberikan sambutan terkait penguatan pengelolaan desain bahan ajar dalam institusi sekaligus membuka acara workshop secara resmi.

“Untuk menopang dan memperkuat kapasitas institusi dalam hal ini dikelola oleh LP3M yang kaitannya dengan pempelajaran dan penjaminan mutu. Serta, terkait dengan pembelajaran nantinya, UNJA wajib memiliki instrumen pengukuran standar untuk pendidikan. Sebelum memiliki instrumen maka LP3M nanti akan mengusung 1 peraturan pedoman pendidikan yang diselenggarakan UNJA secara terintegrasi. Untuk itu, diharapkan bapak dan ibu dapat mememberikan saran dan masukan terhadap apa yang dibuat oleh tim dari LP3M,” ujar Sutrisno. 

Sumber: unja.ac.id