Perhatikan Tiga Hal Ini, Begini Konstruksi Bangunan Tahan Gempa, Tak Ambruk Kena Getaran

Perhatikan Tiga Hal Ini, Begini Konstruksi Bangunan Tahan Gempa, Tak Ambruk Kena Getaran

Ilustrasi bangunan rumah anti gempa-twitter @ApriantoSeno1-

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Gempa Cianjur yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 pukul 13.21 WIB menelan banyak korban jiwa karena tertimbun reruntuhan bangunan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyono menyatakan bahwa banyaknya korban jiwa disebabkan oleh kondisi rumah di Cianjur yang tidak tahan gempa.

“Kita bayangkan saja ini siang hari kejadian dan warga tinggal di rumah-rumah tidak tahan gempa. Begitu ada gempa ya langsung ambruk,” ujarnya.

Maka, Suharyono meminta agar gempa Cianjur menjadi pelajaran untuk menyiapkan konstruksi bangunan tahan gempa guna meminimalisir kemungkinan terburuk.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi Anggaran Covid-19, Penyidik Kejari Datangi 2 Puskesmas di Sarolangun

BACA JUGA:Pembahasan RAPBD Tahun 2023 Merangin Molor, Banyak Anggota DPRD Tak Hadir

Terlebih Indonesia berada di wilayah Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik yang sering mengalami gempa dan letusan gung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik.

Melansir dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Kulon Progo, ciri-ciri konstruksi bangunan tahan gempa adalah memiliki sistem penahan gempa, struktur sistem penahan gaya dinamik gempa dan konfigurasi strukturnya memenuhi standar anti gempa.

Adapun 3 hal yang harus diperhatikan ketika membuat konstruksi bangunan tahan gempa:

1. Fondasi

Kedalaman minimun untuk membuat fondasi konstruksi bangunan tahan gempa adalah 60 hingga 80 cm. Berikut jenis-jenis fondasi tahan gempa

• Fondasi rumah batu kali yaitu menumpukkan batu kali di sisi bangunan kemudian menempelnya menggunakan semen. Fondasi ini sayangnya tidak cocok untuk bangunan bertingkat.

BACA JUGA:Jalan Alternatif Simpang Karmeo-Kilangan Kabupaten Batanghari, Pangdam II/Sriwijaya: Bukan untuk Batu Bara

BACA JUGA:Segini Dana yang Digelontorkan untuk Jalan Alternatif Simpang Karmeo-Kilangan Kabupaten Batanghari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id