Inflasi Tembus 8,09 Persen, Gubernur Jambi Al Haris Sebut Penanganan Sudah Bagus

Inflasi Tembus 8,09 Persen, Gubernur Jambi Al Haris Sebut Penanganan Sudah Bagus

Gubernur Jambi Al Haris saat rapat paripurna -Deki/jambi-independent-

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Gubernur JAMBI Al Haris menyebutkan bahwa penanganan inflasi di JAMBI sudah cukup bagus meskipun dari release dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan angka inflasi yang ada di JAMBI masih menyentuh 8,09 persen.

"Inflasi bagus sudah, Jambi sudah bisa menekan inflasi itu, untuk Bungo di peringkat 8 dan Kota Jambi di peringkat 11," kata Al Haris saat diwawancarai pada Selasa, 4 Oktober 2022.

Kata Al Haris, Pemerintah Provinsi Jambi berhasil menekan komoditi-komoditi yang sebelumnya menyumbang inflasi seperti Cabai dan Bawang sekarang tidak lagi menyumbang inflasi.

"Tetapi sekarang, masih ada euforia BBM sehingga penyumbang inflasi itu ada di transportasi sehingga itu yang kita antisipasi sekarang," tambahnya.

BACA JUGA:Disdikbud Muaro Jambi Edarkan Larangan Merokok di Lingkungan Sekolah 

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan, Kapolres Malang Dimutasi, 9 Komandan Brimob Dicopot

Mantan Bupati Merangin ini juga menegaskan meminta kepada Bupati dan Wali Kota untuk mewajidkan ASN nya mengkonsumsi beras lokal.

"Ini sebagai antisipasi kita agar tidak banyak mengkonsumsi beras premium, saya juga sudah menyurati terkait hal tersebut agar segera ditindaklanjuti," tutupnya.

Sebelumnya, Inflasi di Provinsi Jambi kembali ke angka 8 persen di bulan September 2022 setelah sempat menurun di bulan Agustus lalu. Data ini, berdasarkan release yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, Senin 3 Oktober 2022.

Secara year on year atau perbandingan dari bulan September tahun 2021 lalu, inflasi Provinsi Jambi di bulan September tahun ini adalah 8,09 persen. Sementara, dari bulan lalu inflasi di Jambi mengalami kenaikan hingga 0,61 persen.

BACA JUGA:Ramalan Karier Berdasarkan Zodiak, Leo, Luangkan Waktu Untuk Melihat Tren Jangka Panjang 

BACA JUGA:Kisah Cinta Zodiak Kamu, 4 September 2022, Capricorn, Anda Perlu Berbicara Dengan Orang yang Anda Cintai

"Dari bulan lalu, inflasi di kota Jambi mengalami kenaikan sebesar 0,55 persen dan secara year on year adalah 8,04 persen, sementara Kabupaten Bungo mengalami inflasi sebesar 1,10 persen dan secara year on year adalah sebesar 8,51 persen," kata Kepala BPS Provinsi Jambi, Agus Sudibyo.

Ditambahkan Agus, bahwa komoditi penyumbang inflasi terbesar adalah  Bensin, Solar, Solar dan kenaikan tarif angkutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: