Wantannas RI Kunjungi Desa Pandan Sejahtera Tanjab Timur, Bakal Tulis Pesan Rekomendasi Ini ke Presiden

Wantannas RI Kunjungi Desa Pandan Sejahtera Tanjab Timur, Bakal Tulis Pesan Rekomendasi Ini ke Presiden

Wantannas RI Kunjungi Desa Pandan Sejahtera Tanjab Timur-Gita Savana/jambi-independent-

Pada tahun 2021, BRGM telah melakukan upaya restorasi gambut melalui kegiatan rewetting atau pembasahan lahan gambut di provinsi Jambi, melalui pembangunan sumur bor sebanyak 75 unit beserta 56 unit sekat kanal. Pembangunan infrastruktur pembasahan gambut (IPG) berupa sumur bor dan sekat kanal berfungsi untuk mengembalikan kembali lahan gambut menjadi basah. 

Hal ini menjadi penting dilakukan sebab gambut merupakan lahan yang mudah terbakar jika berada dalam kondisi kering. Selanjutnya, BRGM juga melakukan kegiatan revegetasi atau penanaman kembali di lahan gambut seluas 100 ha. 

BACA JUGA:Bank Mandiri Belum Naikkan Bunga Deposito, Ini Alasannya.. 

BACA JUGA:Harga Emas Hari Ini Mulai Menanjak Naik

Selain perbaikan pada aspek fisik, BRGM juga memberikan paket bantuan revitalisasi ekonomi. pemberian bantuan revitalisasi ekonomi kepada masyarakat sebanyak 31 paket. Hal ini diperuntukkan agar kesadaran dan kepedulian masyarakat meningkat dalam menjaga ekosistem gambut. 

Salah satu desa yang menjadi wilayah kerja BRGM di Provinsi Jambi adalah Desa Pandan Sejahtera. Desa ini merupakan salah satu wilayah restorasi BRGM yang terletak di Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) Sungai Mendahara - Sungai Batanghari. Desa Pandan Sejahtera sebelumnya menjadi langganan dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi Jambi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: