Meneropong Suara Masyarakat Menuju Pemilu 2024

Meneropong Suara Masyarakat Menuju Pemilu 2024

Kapuspenkum Kejaksaan RI, Dr Ketut Sumedana--

3. Dari hasil survei menunjukan hanya 28.9 persen istri berperan menjadi kepala rumah tangga untuk mencari nafkah, dan 67,7  persen pencari nafkah utama adalah suami. Selebihnya responden masih lajang.

4. Terkait kondisi krisis ekonomi dunia dan tahun depan diprediksi keadaan ekonomi sulit, serta rencana kenaikan harga BBM ,TDL dan LPH, hasil  survei menunjukkan, meski merasakan dampak tersebut, masyarakat  optimistis tahun depan kondisi ekonomi nasional membaik.

Di mana sebanyak 78,9  persen responden  menilai kondisi ekonomi nasional tahun depan akan lebih baik ketimbang tahun ini.

Dan jauh lebih banyak dibandingkan yang mengatakan lebih buruk atau jauh lebih buruk, sebanyak 14,7 persen dan selebih tidak memberikan jawaban.

 

B.Opini Masyarakat Terkait Penegakan Hukum 

1. Terkait kasus terbunuhnya Brigadir J yang menjadi pembicaraan di publik, opini masyarakat yang ditangkap dari hasil survei didapati sebanyak 76,7 persen responden puas dengan kinerja Polri dalam membongkar kasus terbunuh Brigadir J, sebanyak 17,1 persen tidak puas dan 6,2 persen tidak menjawab. 

2. Terkait pemberantasan korupsi, opini masyarakat tergambar hanya 40,6 persen responden saja yang puas dengan kinerja pemberantasan Korupsi di era Presiden Jokowi, dan sebanyak 52,7 persen tidak puas, selebihnya 6,7 persen tidak menjawab.

3. Namun opini publik dalam menilai kinerja institusi penegak hukum dalam melakukan pemberantasan korupsi, hasil survei menunjukan sebanyak 87,7 persen puas terhadap kinerja Kejaksaan Agung dalam melakukan pemberantasan korupsi, sebanyak 73,8 persen puas dengan Polri dalam pemberantasan Korupsi, sebanyak 67,2 persen puas dengan instusi pengadilan dan  sebanyak 53,7 persen puas dengan KPK. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: