Tiang Pancang Dermaga Penyeberangan di Senyerang Kabupaten Tanjab Barat Hancur, Ditabrak Tongkang Tugboat

Tiang Pancang Dermaga Penyeberangan di Senyerang Kabupaten Tanjab Barat Hancur, Ditabrak Tongkang Tugboat

Tiang Pancang Dermaga Penyeberangan di Senyerang Hancur, Ditabrak Tongkang Tugboat-dok/jambi-independent.co.id-

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Tiang pancang dermaga penyeberangan beton yang berada di Desa Sungai Landak, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi rusak setelah ditabrak tongkang tugboat Terus Daya 59, Senin 12 September 2022.
 
Kepala Desa Sungai Landak, Taslim saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.
 
Menurutnya peristiwa nahas itu terjadi sekira pukul 07.20 WIB, saat kondisi air di Sungai Pengabuan dalam keadaan surut.
 
"Posisinya air surut pagi itu, kapal tugboat yang membawa ponton di belakangnya itu tidak terkendali, karena derasnya arus. Kemudian tongkang langsung menyerempet ke dermaga sehingga hancur. Kebetulan saat itu tidak ada pompong yang merapat, hanya dermaga saja yang rusak parah," ujarnya.
 
 
 
Lebih lanjut, Kades menjelaskan bahwa dermaga tersebut merupakan penghubung mayoritas masyarakat Desa Sungai Landak ke Desa Pasar Senin.
 
Kecamatan Pengabuan merupakan salah satu tempat bongkar muat hasil pertanian warga Penyeberangan siswa bersekolah. Saat ini kata Taslim kondisi dermaga itu sangat mengkhawatirkan.
 
"Memang di situ tempat bongkar muat hasil pertanian, dan juga rutinitas anak sekolah setiap hari melalui dermaga itu untuk ke Pasar Senin, kemudian salat Jumat kami menggunakan penyeberangan itu juga. Artinya dermaga itu sangat vital bagi aktifitas masyarakat," tuturnya.
 
"Kalau untuk sementara masih bisa digunakan tapi kita khawatir kalau ada kerusakan lain. Harapan kami karena ini menyangkut kebutuhan aktifitas masyarakat segera lah diperbaiki seperti semula, memang ada iktikad baik dari pihak kapal tetapi kami akan koordinasi dulu dengan pihak Kabupaten dalam hal ini Dinas Perhubungan dan instansi terkait," tandasnya. 
 
 
 
Terpisah, Kasat Polairud Polres Tanjab Barat, AKP Saiful mengungkapkan bahwa akibat hantaman tongkang tugboat tersebut dermaga sungai mengalami kerusakan patah sejumlah tiang saat ini pihak Kapal bertanggungjawab atas kejadian tersebut.
 
"Akibat insiden tersebut bagian dermaga tiang pancang ada yang rusak kurang lebih ada tiga tiang. Dari pihak agen Kapal tugboat tersebut akan bertanggungjawab atas kerugian dan sudah dilakukan survei bersama pihak KSOP maupun pihak Desa setempat," tandasnya.*
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: