Anies Baswedan Datangi KPK, Ini Bocoran Isi Pemeriksaan

Anies Baswedan Datangi KPK, Ini Bocoran Isi Pemeriksaan

Anies saat mendatangi gedung KPK---fin.co.id-

 

 

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Anies Baswedan datang memenuhi panggilan KPK, Rabu 7 September 2022.

Anies datang untuk memenuhi pemanggilan terkait balapan Formula E yang digelar pada 4 Juni 2022 lalu.

Pemanggilan terhadap Anies Baswedan ini terkait dengan adanya laporan atas dugaan penyelewengan dana penyelenggaraan Formula E di Ancol yang digelar Juni lalu. Terlihat jelas, begitu turun dari mobil terlihat Anies Baswedan langsung melenggang santai memasuki gedung KPK.

 
 

Dirinya hanya membawa sebuah map tipis. Tidak terlihat pengawalan dan asisten yang mendampingi Anies dan sayangnya Gubernur DKI Jakarta tersebut tidak memberikan statemen saat kedatangannya ke gedung KPK.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata membocorkan isi pemeriksaan yang akan dilakukan terhadap Anies Baswedan .

Sedangkan Ali Fikri selaku PLT Juru Bicara Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa dalam mendalami atas laporan dari msyarakat tentunya KPK hrus memanggil berbagai pihak untuk di klarifikasi dan memerikan keterangan.

“Siapapun jika dibutuhkan pastinya akan kami panggil untuk memeberikan keterangan yang ia ketahui,” jelas Fikri.

BACA JUGA:Jalin Silahturahmi di Hari Pelanggan Nasional, Multistakeholder Forum digelar di Provinsi Jambi

BACA JUGA:Peringatkan Komnas HAM Bahaya Hidupkan Isu Pelecehan, Ahmad Sahroni : Jangan Rusak Penyidikan Polri

“Tindakan ini merupakan salah satu langkah dari KPK agar kami dapat gambaran utuh terkait atas laporan tindakan pidanan tersebut,” paparnya.

Dalam pemeriksaan yang akan dilakukan, Alex menjelaskan nantinya Anies Baswedan akan ditanyai seputaran proses perencanaan dan penawaran penyelenggaraan even tersebut.

“Setelah itu akan berlanjut pada proses penganggaran, kemudian pelaksanaannya sampai dengan pertanggungjawaban," jelas Alex.

Alex juga menjelaskan bahwa pihak KPK juga ingin mengetahui apakah dari pelaksanaan Formula E tersebut mendapatkan keuntungan atau tidak. 

BACA JUGA:Tunggakan Iuran Peserta Mandiri BPJS Kesehatan di Kabupaten Bungo Capai Rp34 Miliar

BACA JUGA:Aksi Unjuk Rasa di Depan Kantor DPRD Provinsi Jambi, Mahasiswi-Polwan Saling Dorong


“Karena evennya sudah dilaksanakan kami ingin tahu bagaimana pelaksanaannya apakah kemarin itu mendapatkan keuntungan atau tidak. Kalau tujuannya bisnis kan pasti pertimbangannya nanti mendapatkan keuntungan, banyak wisatawan yang datang menginap, menumbuhkan ekonomi kan. Itu yang perlu kami klarifikasi bagaimana penganggarannya," ujar Alex.

Sebelaumnya KPK juga telah meminta keterangan beberapa pihak, di antaranya mantan Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, dan Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo. (Reza Permana/disway.id)

 

Artikel ini juga tayang di disway.id

Dengan judul anies baswedan melenggang datangi kpk alexander marwata bocorkan isi pemeriksaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com