Unbari Gelar Kuliah Umum: Hadirkan Narasumber dari Kementerian Luar Negeri, Ini yang Dibahas

Unbari Gelar Kuliah Umum: Hadirkan Narasumber dari Kementerian Luar Negeri, Ini yang Dibahas

Unbari gelar kuliah umum-Gita Savana/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Universitas Batanghari (Unbari) melaksanakan sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2020 tentang Kementerian Luar Negeri, di Aula H Abdurrahman Sayoeti Universitas Batanghari, Kamis 25 Agustus 2022.

Wakil Rektor III Universitas Batanghari Ir. Muhammad Sugihartono, M.Si menyampaikan kata sambutan mewakili Pj Rektor, melalui kuliah umum ini pihaknya menginginkan agar mahasiswa dapat aktif dan berani bertanya untuk menggali ilmu pengetahuan.

“Apalagi ini soal Perpres Kemenlu, mungkin banyak aturan yang tidak diketahui selama pandemi Covid-19 kemarin,” kata dia.

Pada kuliah umum tersebut menghadirkan narasumber di antaranya, Muhsin Syihab, Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemlu, Kepala Pusat Strategi Kebijakan Kawasan Asia Pasifik dan Afrika, Muhammad Takdir.

Adapun kegiatan tersebut dipandu oleh moderator, yakni Dr Yanti Ismiyati, M.Pd.

BACA JUGA:Andmesh Kamelang Dikejar Iriana Jokowi, Mengaku Sempat Takut Ditembak

BACA JUGA:Ini Tips Memilih Oli Mesin Khusus Untuk Mobil Berusia di Atas 5 Tahun

Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemlu, Muhsin Syihab menyampaikan bahwa sebagai pilar kekuatan kebijakan politik luar negeri, civitas akademika sudah seharusnya bersinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Luar Negeri.

Dirinya mengatakan, kerja sama, kolaboarasi, dan sinergi antara civitas akademika dan Kementerian Luar Negeri perlu terus diintensifkan.

Kata dia, ruang kerjasama yang luas dan banyak yang perlu digali potensinya dan perlu diimplementasikan.  

“Sehingga diharapkan dari kerja sama, mempunyai dampak positif terhadap masyarakat di wilayah Jambi khususnya dan Indonesia umumnya,” kata dia, Kamis 25 Agustus 2022 usai memberi kuliah umum.

BACA JUGA:Honda Sinsen Jambi Terus Galakkan Kampanye dan Edukasi Safety Riding

BACA JUGA:Ini Tips Menghemat Kuota Internet Saat Menggunakan WhatsApp

Selanjutnya, kata dia melalui kuliah umum yang diberikan ni, ingin membangun semangat mahasiswa.  Muhsin mengatakan, semangat kebanggaan terhadap Indonesia harus dibangun.

“Karena faktanya, bangsa Indonesia dan Pemerintah Indonesia saat ini memperoleh tempat terhormat di forum internaisonal,” katanya.

Ini dibuktikan, saat ini Indonesia mendapat kepercayaan global yang cukup banyak. “Sudah beberapa kali jadi anggota tidak tetap anggota dewan keamanan PBB. Kemudian kita jadi anggota dewan HAM PBB,” ujarnya.

Selain itu, Indonesia pernah pula menjadi anggota Dewan Ekonomi Sosial PBB. Tak hanya itu, selain pernah menjadi ketua ASEAN, di tahun mendatang juga Indoensia akan kembali menjadi Ketua ASEAN.

BACA JUGA:Hadirkan Digital Entertainment untuk Jurnalis dan Pelanggan Sumatera, Telkomsel Gelar Celeb on Cam

BACA JUGA:Faperta UNJA Gelar Seminar Nasional 'Smart Technology For Sustainable Agripreneur'

“Dan menjadi presidensi G20. Di mana kekuatan ekonomi dunia berkumpul untuk membicarakan krisis ekonomi yang terjadi, dan mengangkat harkat martabat manusia, khsusnya di ekonomi dan keuangan, yang juga berkaitan dengan agenda global utama. Seperti penguatan arsitektur kesehatan global, transisi energi dan juga transformasi digital,” kata dia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: