Mantap, Punya Predikat ‘Sangat Bagus’, Bank Jambi Raih Rating 1

Mantap, Punya Predikat ‘Sangat Bagus’, Bank Jambi Raih Rating 1

Direktur Utama Bank Jambi, Yunsak El Halcon--bank jambi

Kenaikan kredit bank ini dibarengi dengan kualitas kredit yang baik, tecermin dari non performing loan (NPL) yang terjaga di level 1,12% atau jauh di bawah ketentuan regulator yang sebesar 5%.

Dari tujuh aspek penilaian pada rating kali ini, Bank Jambi mendapat skor terbaik pada tiga aspek, yakni permodalan, yang indikatornya adalah capital adequacy ratio (CAR) dan pertumbuhan modal inti; rentabilitas, yang komponennya adalah ROA, ROE, dan pertumbuhan laba; serta efisiensi, yang indikatornya adalah rasio beban operasional terhadap pendapatan operasional (BO/PO) dan net interest margin (NIM). 

BACA JUGA:Nyess!! Ini Sindiran Hotman Paris untuk Putri Candrawathi

BACA JUGA: Sempat Terkendala, Kini Bangkit Berdaya di Kebun Handil Sudah Rampung

Sementara, untuk empat aspek lainnya, sebagian besar nilainya nyaris sempurna. Selain menjadi yang teratas di kelompoknya, apresiasi lebih tinggi memang layak diberikan kepada bank yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah Jambi ini.

Ini karena, Bank Jambi secara konsisten mampu mempertahankan predikat ‘sangat bagus’ selama 25 tahun tanpa putus. Kata bang El, ini berarti sejak 1997 sampai sekarang, Bank Jambi sukses mempertahankan predikat tersebut. 

“Di industri, tak banyak bank yang mampu mempertahankan prestasi tersebut dalam kurun waktu selama itu.” Kata bang El dengan nada optimis.

Tren positif Bank Jambi terus berlanjut di 2022. Berdasarkan data Biro Riset Infobank, sejumlah pos keuangan seperti total aset, kredit, dan laba (rugi) bersih tahun berjalan bank ini mencatatkan pertumbuhan positif hingga kuartal pertama 2022. 

BACA JUGA:Booth ‘Daihatsu Awesomeverse’ di GIIAS 2022, Berikan Warna dan Pengalaman Baru, Luar Biasa kepada Pengunjung

BACA JUGA:Simak! Ini 5 Tempat Favorit Jin Bersemayam, Termasuk di Lingkungan Rumah

Dari sisi kredit, bank ini mampu mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 4,08% atau dari Rp8,63 triliun pada kuartal pertama 2021 menjadi Rp8,99 triliun. 

Sejalan dengan itu, DPK juga tumbuh 0,98% menjadi Rp10,49 triliun. Tumbuhnya kredit dan DPK turut mendorong pertumbuhan laba (rugi) bersih tahun berjalan Bank Jambi sebesar 29,94% atau menjadi Rp121,61 miliar.

Selain itu, rasio-rasio keuangan Bank Jambi terjaga. Itu menandakan, pertumbuhan yang dicapai Bank Jambi berkualitas. Per kuartal pertama 2022, NPL net Bank Jambi berada di level 0,36%, sementara ROA-nya meningkat dari 4,06% di kuartal pertama 2021 menjadi 4,85%.

Operasional Bank Jambi juga makin efisien. Hal itu tecermin dari rasio beban operasional terhadap pendapatan operasional (BO/PO) yang sebesar 60,65% atau sedikit naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni 59,35%.

BACA JUGA:Wow, Segini Gaji dan Tunjangan Ferdy Sambo Selama Jadi Jenderal Bintang Dua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: