Wow...Ada 100 Koleksi Kain Tradisional Dipamerkan, Oscar Lawalata Gelar Festival Aku dan Kain

Wow...Ada 100 Koleksi Kain Tradisional Dipamerkan, Oscar Lawalata Gelar Festival Aku dan Kain

Oscar Lawalata menggelar festival Aku dan Kain yang memamerkan 100 kain tradisional Indonesia--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Ada 100 kain tradisional yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Kain tradisional ini dipamerkan di Museum Nasional, Jakarta pada 10 Agustus sampai 10 September 2022.
 
100 kain tradisional ini diperkenalkan ke khalayak ramai dalam rangka  festival bertajuk Aku dan Kain yang digelar oleh perancang busana Oscar Lawalata.
 
Bekerja sama dengan Museum Nasional, perancang busana terkenal hingga mancanegara ini memamerkan keindahan kain tradisional dari berbagai daerah Indonesia.
 
Dikatakan Oscar Lawalata di Museum Nasional, Jakarta pada Rabu 10 Agustus 2022 bahwa festival Aku dan Kain sebuah movement merayakan keanekaragaman budaya, untuk membangun rasa nasionalisme, serta mengangkat keindahan nilai-nilai pluralisme. 
 
"Kekayaan kain tradisional Indonesia dan keragamannya perlu dilestarikan oleh gerenasi penerus," katanya.
 
 
 
Perancang yang kini memakai nama Asha Darra mengatakan ide membuat festival Aku dan Kain bermula dari kegiatannya mencari wastra nusantara yang tersembunyi.
 
Oscar Lawalata ingin menunjukkan hasil penelusurannya yang punya nilai budaya dan histori luar biasa.
 
"Indonesia punya banyak kain tradisional yang luar biasa, tiap daerah punya kain khasnya, saya ingin membangun antusias itu lagi," bebernya.
 
Dalam festival Aku dan Kain, Oscar Lawalata bakal menunjukkan sekitar 100 kain tradisional.
 
Tidak hanya itu, pihak Museum Nasional juga bakal mengangkat berbagai kegiatan di bidang seni dan budaya.
 
Antara lain, pameran kain tua seperti kulit kayu, songket, batik sulam, dan aplikasi manik dalam sebuah instalasi Aku dan Kain: Wonders of Weaving, dan pameran instalasi Menara Tenun Nusantara.
 
Selanjutnya, Festival Aku dan Kain juga mengadakan pameran fotografi yang melibatkan 100 selebritas.
 
Adapun yang terlibat yakni Reza Rahadian, Marsha Timothy, Dian Sastro, Nirina Zubir, Angga Yunanda, Syifa Hadju, Najwa Shihab, Renata Moelek.
 
Selanjutnya dimeriahkan dalam perayaan fashion show oleh Refal Hady, yakni Jovi Adhiguna, Ayu Ghani, Davina Veronica, Gamaliel Tapiheru, Sal Priadi, Yuki Kato dan masih banyak lagi akan menampilkan rancangan Oscar Lawalata.
 
"Tentu saja rancangan ini menggunakan kain-kain khas nusantara," ucapnya.
 
Lahir dari filosofi keindahan kain tenun Nusantara yang dituangkan dalam pendekatan fashion dan gaya hidup, kecintaan akan keindahan dan filosofi ini pula yang menjadi akar dari Aku dan Kain: The Age of Diversity.
 
Melalui Aku dan Kain: The Age of Diversity, Oscar Lawalata Culture ingin menyampaikan bahwa keindahan yang harmoni tidak perlu seragam dan serba sama.
 
Namun, perbedaan sejatinya merupakan rangkulan persatuan dalam perbedaan.
 
 
 
Festival Aku dan Kain dari Oscar Lawalata digelar selama sebulan penuh di Museum Nasional, Jakarta seperti dikutip dari jpnn.com.
 
Adapun tiket masuk Festival Aku dan Kain dijual seharga Rp 15 ribu dan Rp 20 ribu bagi pengunjung yang ingin masuk ke ruang temporer. (viz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com