Lemkapi Minta Hasil Autopsi Brigadir J Diumumkan ke Publik: Kita Harap Tidak Ada Lagi Spekulasi

Lemkapi Minta Hasil Autopsi Brigadir J Diumumkan ke Publik: Kita Harap Tidak Ada Lagi Spekulasi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) minta tim kedokteran forensik sebaiknya mempercepat proses autopsi agar hasilnya bisa segera diumumkan untuk menghindari berbagai spekulasi berbagai pihak.

"Hasil autopsi perlu dijelaskan ke publik. Kita harapkan nanti tidak ada lagi keraguan. Tidak ada lagi kecurigaan dan tidak ada lagi berbagai spekulasi serta tudingan rekayasa hasil autopsi," ungkap Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan di Jakarta, Sabtu 30 Juli 2022.

Lemkapi mendukung rencana hasil otopsi Brigadir J diumumkan ke publik. Menurut Edi, hasil autopsi ulang seharusnya bisa dipercaya karena sudah melibatkan bukan hanya kedokteran kepolisian. Namun, juga didukung kedokteran forensik dari Universitas Indonesia dan TNI.

"Apapun hasil autopsi ulang ini nanti, bisa diterima semua pihak," kata dosen di Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

BACA JUGA:Gubernur Jambi Al Haris Bagikan Bendera Merah Putih Jelang Hari Kemerdekaan, Ini Tujuannya 

BACA JUGA:Bangga, Perenang muda Jambi Raih Emas 50 Meter Gaya Bebas Kejurnas 2022

Pakar hukum kepolisian ini mengatakan, tidak mudah bagi Polri untuk menjelaskan kasus penembakan ini kepada publik. Meski, tim investigasi sudah melakukan tugasnya secara independen dan profesional.

"Tapi kami percaya, dengan menyampaikan bukti dan fakta yang sesungguhnya kepada masyarakat, Insya Allah, masyarakat akan percaya terhadap penjelasan Polri," tuturnya.

Diketahui, pengumuman hasil autopsi ulang Brigadir J ke publik ini sudah disampaikan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Sebelumnya, Menko Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD juga buka suara perihal autopsi ulang.

BACA JUGA:Tak Lagi Jadi Ajudan Ferdy Sambo, Bharada E Ditarik ke Korps Brimob Polri

BACA JUGA:Ramalan Karier Berdasarkan Zodiak, Leo, Masalah yang Anda Pikir Telah Hilang Sekarang Muncul Kembali

Ia mengungkapkan hasil autopsi jenazah Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J boleh dibuka ke publik. Jadi tidak benar kalau hanya boleh dibuka saat persidangan.

"Ada yang mengatakan hasil autopsi itu hanya boleh dibuka atas perintah hakim, menurut saya itu tidak benar. Yang benar itu hasil autopsi harus dibuka kalau diminta oleh hakim, tapi kalau tidak diminta, tidak dilarang untuk dibuka," kata Mahfud kepada wartawan Jumat 29 Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id