Kecamatan Muarasabak Timur Menjadi Penyumbang Sampah Terbanyak di Tanjab Timur

Kecamatan Muarasabak Timur Menjadi Penyumbang Sampah Terbanyak di Tanjab Timur

Kecamatan Muarasabak Timur Menjadi Penyumbang Sampah Terbanyak--

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Permasalahan mengenai sampah harus menjadi perhatian khusus oleh semua pihak terkait. Mengingat, jika sampah-sampah yang ada tidak dikelola dengan baik, suatu saat akan menimbulkan masalah bahkan musibah bagi manusia.

Peningkatan populasi, ekonomi, arus urbanisasi, dan peningkatan standar hidup masyarakat sangat berpengaruh besar dalam mempercepat laju pertumbuhan sampah suatu daerah.

Untuk di Kabupaten Tanjab Timur sendiri, penanganan terkait sampah ini terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat agar bisa dikelolah dengan baik dan benar.

Alfajri, Kabid Pengelolaan Persampahan dan Limbah B3, DLH Tanjab Timur saat diwawancarai mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melakukan pelayanan sampah yang dipusatkan di 7 kecamatan dari 11 kecamatan yang ada di kabupaten ini.

BACA JUGA:Parah, Pompa Air Rumah Korban Pembunuhan di Palembang Dicuri Maling

BACA JUGA:Ini Cara Agar Bisa Menghentikan Kebiasaan Merokok

"Tujuh kecamatan itu yakni, Kecamatan Muarasabak Barat, Muarasabak Timur, Kualajambi, Nipahpanjang, Dendang, Geragai dan Kecamatan Rantaurasau," ucapnya.

Untuk saat ini, jumlah penduduk terbanyak ada di Kecamatan Muarasabak Timur. Disana, menjadi penghasil sampah terbanyak. Sebab, laju pertumbuhan sampah itu berbanding lurus dengan jumlah penduduk.

"Sampah ini tergantung dengan jumlah penduduknya. Estimasi kami, satu orang itu bisa menghasilkan kurang lebih setengah kilogram sampah setiap harinya. Jadi semakin banyak jumlah penduduk, pastinya mempengaruhi sampah yang dihasilkan," ungkapnya.

Sebagai penyumbang sampah terbanyak di Kabupaten Tanjab Timur, Untuk pelayanan sampah di Kecamatan Muarasabak Timur, dikhususkan di Kelurahan Muarasabak Ilir dan Kelurahan Muarasabak Ulu.

BACA JUGA:Peristiwa-peristiwa Penting dalam Bulan Muharam dan Hari Asyura

BACA JUGA:Ngeri! Hasil Autopsi Ulang, Otak Brigadir J Pindah ke Perut, Kok Bisa?

"Penyumbang sampah terbanyak itu yang pertama ada Kecamatan Muarasabak Timur, lalu Nipahpanjang dan Kecamatan Mendahara," ujar Alfajri

Dirinya juga menuturkan, selain memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak dan wilayahnya yang cukup luas, di kelurahan yang ada di Kecamatan Muarasabak Timur tersebut juga terdapat taman yang menjadi tujuan wisata masyarakat lokal maupun dari luar kabupaten ini.

"Pelayanan sampah yang ada di beberapa kecamatan tersebut mulai dari pengangkut sampah, petugas kebersihan, dan juga kami sediakan kendaraan roda tiga pengangkut sampah ke kontainer besar sebagai penampungan," tuturnya.

Lanjut, ia juga menerangkan, nantinya sampah-sampah yang diangkut ke kontainer sampah yang ada di setiap kecamatan, akan diangkut menuju TPA induk yang ada di Kecamatan Muarasabak Barat.

BACA JUGA:9 Parpol Mendaftar ke KPU Sebagai Calon Peserta Pemilu 2024 di Hari Pertama

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, Sariawan Tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Pertanda Penyakit Ini

"Minimal dalam satu hari, sampah-sampah yang ada di kontainer sampah yang ada di setiap kecamatan tersebut akan diangkut menuju TPA Kelurahan Paritculum, Kecamatan Muarasabak Barat menggunakan kendaraan mobil khusus," terangnya. (pan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: