Kemenkominfo dan Siberkreasi Gelar Webinar Literasi Digital untuk Masyarakat Sumatera dan Sekitarnya

Kemenkominfo dan Siberkreasi Gelar Webinar Literasi Digital untuk Masyarakat Sumatera dan Sekitarnya

--

PADANG, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah melakukan literasi digital kepada lebih dari 14,6 juta orang. 

Dalam perjalanannya Program #MakinCakapDigital sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 yang lalu, berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan 4 (empat) pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital. 

“Hingga tahun 2021 program literasi digital telah berhasil menjangkau 14,6 juta masyarakat Indonesia di 515 kabupaten/kota dan 34 provinsi di seluruh Indonesia”, ujar Dirjen Aptika Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Samuel Abrijani Pangerapan, dalam sambutan program Indonesia Makin Cakap Digital 2022.

Survey nasional oleh Kemenkominfo bersama Kata Data pada tahun 2021 menunjukkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level SEDANG dengan skor 3.49. 

BACA JUGA:Ratusan Pegawai ASN dan Honorer Serbu Donor Darah di Kejari Muaro Jambi

BACA JUGA:Jokowi Diminta Mewaspadai Saran IMF Oleh Dewan

Hal ini merupakan suatu peningkatan jika dibandingkan dengan kondisi serupa di tahun 2020 yang menunjukkan skor 3,46. Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat.

Berangkat dari visi tersebut, Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi kembali hadir di wilayah Sumatra dan sekitarnya untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat melalui program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”. 

Program ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar (seminar dan diskusi secara online), talkshow dalam format hybrid (offline dan online), serta special event penunjang kegiatan literasi digital dengan target penduduk di wilayah Sumatra dan sekitarnya, khususnya di segmen kelompok masyarakat atau komunitas.

Kegiatan ke-5 webinar #MakinCakapDigital2022 untuk Komunitas/Masyarakat Sumatra dan sekitarnya kali ini akan dimulai pada hari Selasa, 19 Juli 2022 pukul 10.00 - 12.00 WIB dengan tema “TIPS DUNIA DIGITAL: SOCIAL MEDIA MANAGEMENT”. 

BACA JUGA:Pengprov ISSI Jambi Koleksi 3 Medali di Kejuaraan Indonesia National Championship di Banyuwangi

BACA JUGA:Kapolri Nonaktifkan Irjen Pol Ferdy Sambo, Ini Penjelasannya

Webinar ini mengundang Kepala Inkubator Bisnis & Praktisi Literasi Digital, Fajria Fatmasari; CEO & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat, Pradipta Nugrahanto; Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran/Praktisi Literasi Digital, Aji Kresno, sebagai narasumber. 

Kegiatan webinar akan dilakukan dan disiarkan menggunakan platform Zoom Meeting dan anggota kelompok masyarakat atau komunitas yang ingin mengikuti webinar tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir elektronik melalui link: https://bit.ly/PendaftaranSumatra21806

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: