Antisipasi PMK di Bungo, Polres dan Dinas Peternakan Cek Kesehatan Hewan Kurban, Ini Hasilnya

Antisipasi PMK di Bungo, Polres dan Dinas Peternakan Cek Kesehatan Hewan Kurban, Ini Hasilnya

Cek kesiapan sapi kurban di Bungo -Ist-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Polres Bungo bersama Dinas Peternakan Kabupaten Bungo mengecek hewan kurban, untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Bungo, Sabtu 9 Juli 2022.

Dalam antisipasi PMK di Bungo itu, Kapolres Bungo AKBP Wahyu Istanto Bram Widarso diwakili Kabag Ops Polres Bungo AKP Darmawan, didampingi Kadis Peternakan Bungo Quswen Ikmal, Kasat Reskrim Polres Bungo AKP Septa Badoyo dan Kasat Intelkam Iptu Tarjono, Kasat Sabhara Polres Bungo Iptu Yan Efendi Pasaribu dan dokter hewan Togu Samosir.

Adapun beberapa peternakan yang dilakukan pemantauan di kandang ternak Sapi RT 08 RW 03 Kelurahan Sei Pinang, Kabupaten Bungo, milik Mulyono. Selain melakukan pengecekan, juga dilakukan pemasangan label kepada Sapi.

Selanjutnya, di kandang ternak sapi Kampung Sijau Dusun Sungai Mengkuang Kecamatan Rimbo Tengah milik Suprapto. Selain mengecek kesehatan sapi, juga dilakukan penyuntikan vitamin dan antibiotik  terhadap 9 ekor sapi. 

BACA JUGA:Tuntut Mundur dari Jabatannya,Ribuan Warga Serbu Rumah Presiden Sri Lanka 

BACA JUGA:Beda Banget Ya...Ini Fasilitas Jemaah Haji 'Sultan' di Mina Makkah

Kapolres Bungo AKBP Wahyu Istanto Bram Widarso yang diwakili Kabag Ops AKP Dharmawan mengatakan, di Asrama Perwira Pal 9 Sungai Mengkuang juga dilakukan pengecekan dan pemasangan lebel terhadap 2 ekor sapi yang akan dikurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Kata dia, dari pemantauan dan pengecekan tersebut tidak ditemukan ciri-ciri hewan yang terpapar PMK di Bungo. 

"Dan juga Dinas Peternakan Kabupaten Bungo telah memberikan Vitamin dan antibiotik yang disuntikan kepada hewan ternak guna meningkatkan mobilitas imun tubuh pada hewan agar dapat terhindar dari penyebaran penyakit PMK," ujarnya.

Dikatakan dia, jumlah hewan kurban di wilayah Kabupaten Bungo yang akan dikurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 H berjumlah 1.200 ekor.

BACA JUGA:Airlangga: Idul Adha Mengajarkan untuk Berkorban dan Berbagi 

BACA JUGA:PLN Siaga Penuh Jaga Keandalan Pasokan Listrik di Momen Kebersamaan Idul Adha

Tujuan dari kegiatan ini, kata dia dilaksanakan guna mengantisipasi penyebaran virus PMK di wilayah Kabupaten Bungo sekaligus pengawasan untuk hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H. (mai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: