Suhu Dataran Tinggi Dieng Minus 1 Derajat Celsius, Fenomena Embun Es Muncul

Suhu Dataran Tinggi Dieng Minus 1 Derajat Celsius, Fenomena Embun Es Muncul

Fenomena embun es muncul di dataran tinggi Dieng, akibat suhu yang minus satu derajat celsius.-Ronaldo Bramantyo/Radarmas-disway.id

DIENG, JAMBI-INDEPENDENT.CO.IDFenomena embun es muncul di Dieng. Ini karena Suhu dataran tinggi Dieng minus 1 derajat celsius. Peristiwa ini terjadi pada Kamis 30 Juni 2022 pagi.

Kepala UPT Wisata Dieng Sri Utami menjelaskan suhu Dieng tercatat minus 1,68 derajat Celsius.

Menurut dia, suhu mulai turun dari jam 04.00. Agung juga menjelaskan, bahwa fenomena embun es ini merupakan daya tarik tersendiri bagi destinasi wisata di Dieng.

“Ya tadi pagi embun es di area komplek Candi Arjuna, lapangan dan Dharmasala. Kita melihat di lokasi sudah membeku sekira jam 05.30-an,” terangnya.

Kata Agung, fenomena embun es ini menjadi menarik, karena Indonesia memiliki iklim tropis. Hingga susah untuk menemukan embun es yang seperti salju.

BACA JUGA:Sangat Menghawatirkan, Kabar Tak Sedap dari Rupiah Hari Ini

BACA JUGA:Tampar Orang yang Cabuli Anaknya, Sang Ayah Dapat Hukuman 2,8 Tahun di Penjara Samarinda

Di Indonesia, es bisa ditemui di Pegunungan Jayawijaya Papua yang aksesnya sulit dijangkau.

Berbeda dengan embun es di Dieng yang mudah dijangkau dengan kendaraan. Sehingga wisatawan berbondong-bondong untuk melihat dan merasakan langsung fenomena ini.

“Ini merupakan daya tarik wisata yang luar biasa,” paparnya, dikutip dari disway.id. Dikatakan, fenomena ini menandai awal memasuki musim kemarau. Dia memprediksi fenomena ini akan sering muncul.

Tanda alamnya pada malam hari cuaca cerah, dingin dan tidak ada angin biasanya muncul fenomena embun es. Terpisah, pencipta Stasiun Cuaca Dieng Havid Adhitama mengatakan fenomena ini bisa diprediksi secara akurat.

Dikatakan, fenomena munculnya embun beku di dataran tinggi Dieng bukan peristiwa baru, namun sudah sejak dahulu kala.

BACA JUGA:Niat Ambil Buah Sukun, Warga Payo Selincah Tewas Kesetrum

BACA JUGA:Nekat, Pria Ini Gelapkan Mobil Innova ke Warga SAD Jambi, Segini Harganya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id