Lolos ke Putaran Final, Indonesia Penuhi Syarat Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Lolos ke Putaran Final, Indonesia Penuhi Syarat Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Indonesia Penuhi Syarat Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Timnas Indonesia berhasil melenggang ke putaran final Piala Asia 2023. Berkat pencapaian Tim Garuda tersebut, Indonesia telah memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah Piala Asia tahun depan.

Tim asuhan Shin Tae-yong tersebut bersua Nepal pada laga terakhir Grup A kualifikasi putaran ketiga Piala Asia 2023. Bermain di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu 15 Juni 2022 dini hari WIB, Timnas Indonesia menang dengan skor 7-0.

Ketujuh gol Indonesia disarangkan Dimas Drajad pada menit ke-6, Witan Sulaeman menit ke-43 dan 81', Fachruddin Aryanto menit ke-54, Saddil Ramdani menit ke-55, Elkan Baggott menit ke-80, dan Marselino Ferdinan menit ke-90.

Hasil tersebut membuat Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status sebagai satu di antara lima runner-up terbaik. Tim Garuda mendulang enam poin, tertinggal tiga angka dari Yordania yang lolos sebagai juara Grup A.

BACA JUGA:Gregoria Mariska Telan Kekalahan di Indonesia Open 2022

BACA JUGA:Meningkat, Ekspor Produk Kain Indonesia

Indonesia juga melesat ke urutan kedua klasemen runner-up terbaik kualifikasi Piala Asia 2023, berkat kemenangan tujuh gol atas Nepal. Timnas Indonesia mengoleksi enam poin, terpaut satu angka dari Kyrgyzstan di posisi teratas.

Akan tetapi, tuan rumah perhelatan Piala Asia 2023 masih belum diketahui. Pasalnya, China mundur sebagai tuan rumah karena alasan pandemi COVID-19.

AFC mengaku, sudah membuka kesempatan yang sama kepada seluruh anggota asosiasi terkait penunjukkan tuan rumah anyar di Piala Asia 2023.

Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Seri Windsor, menyebut negara yang berminat bisa mengajukan proposal permohonan untuk menjadi tuan rumah.

BACA JUGA:Jambi Kekurangan Guru, Pinto Ajak Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Ke Kemendikbudristek RI

BACA JUGA:Workshop Pembekalan UKW, Wakil Ketua Dewan Pers Sampaikan Ini

"Kami berharap ada asosiasi anggota akan maju untuk tugas tuan rumah," kata Datuk Seri Windsor seperti dikutip New Straits Times pada 30 Mei lalu.

"Setelah mereka melihat dokumen penawaran, Komite Eksekutif dapat memutuskan dari sana apakah negara tersebut dapat atau tidak dapat menjadi tuan rumah," lanjutnya.

AFC memutuskan hanya peserta putaran final Piala Asia 2023 yang berjumlah 24 tim yang berhak mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Indonesia menjadi satu di antara ke-24 tim tersebut.

Sebanyak 24 tim itu juga dapat mengajukan sebagai penyelenggara bersama demi menyediakan 8-10 stadion untuk putaran final tahun depan.

BACA JUGA:26 Truk Batu Bara Kedapatan Gunakan BBM Subsidi, Langsung Ditindak Polisi

BACA JUGA:Tim Macan Reskrim Polresta Jambi Tangkap Pelaku Penggelapan di Pabrik Sawit

"Hanya tim yang lolos ke Piala Asia yang dapat mengajukan tawaran sebagai tuan rumah," kata Sekjen AFC, Datuk Windsor Paul dinukil dari media Malaysia, Stadium Astro.

"Kami juga menerima tuan rumah bersama untuk menyelenggarakan Piala Asia tahun depan," jelas pria asal Malaysia itu.

Tetapi, peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 cukup kecil. Seperti diketahui, Indonesia akan disibukkan agenda menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Perhelatan tersebut sudah cukup membuat sibuk Indonesia. Apalagi ada potensi turnamen akan digelar secara berdekatan.

BACA JUGA:Dumisake Baru Terealisasi Rp 17 M

BACA JUGA: Pergub Sedang Perubahan, Bantuan Keuangan Desa Tersendat

Piala Dunia U-20 2023 diprediksi bakal berlangsung pada Mei sampai Juni 2023. Di sisi lain, Piala Asia 2023 akan dihalat pada Juni tahun depan. (slt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: