Ini Sebabnya Indonesia Tidak Perlu Khawatir Terkait Pembatasan Ekspor Gula India

Ini Sebabnya Indonesia Tidak Perlu Khawatir Terkait Pembatasan Ekspor Gula India

Indonesia tidak perlu khawatir terkait pembatasan ekspor gula oleh pemerintah India. Foto : ist--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Indonesia tidak perlu khawatir terkait India yang akan membatasi ekspor gula ke luar negari.
 
Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Asosiasi Gula Indonesia Budi Hidayat mengatakan saat ini kebutuhan impor gula tanah air memang masih cukup tinggi.
 
Meskipun demikian, India bukan satu-satunya pemasok gula untuk Indonesia.
 
 
 
"India bukan satu-satunya yang mensuplai kebutuhan kita. Terbesar masih dari Thailand, kemudian masih ada Brasil dan Australia," ujar Budi, Jumat 27 Mei 2022.
 
Budi menilai angka kebutuhan impor terbesar gula untuk Indonesia ialah ektor industri, khususnya raw sugar yang diolah di pabrik gula rafinasi.
 
"India sendiri sudah mulai melakukan pengetatan terhadap 0sejumlah komoditas ekspor mereka," ungkap Budi.
 
Untuk diketahui, Pemerintah India memutuskan akan membatasi ekspor gula hingga 10 juta ton untuk pertama kalinya dalam enam tahun.
 
Kebijakan itu dilakukan untuk memastikan pasokan di dalam negeri tercukupi dan mencegah lonjakan harga komoditas di negara tersebut.
 
Mengutip Reuters, pemerintah India khawatir dengan inflasi pangan. Oleh karena itu, pemerintah India berusaha memastikan bahwa gula tercukupi untuk memenuhi musim festival.
 
 
 
Sebelumnya, pemerintah India telah membatasi pengiriman gandum untuk menjamin stok dalam negeri aman di tengah krisis pandemi seperti dikutip dari jpnn.com
 
Khusus untuk gula, pembatasan ekspor ini merupakan kebijakan pertama kalinya dalam enam tahun. Pada tahun fiskal 2021-2022, India mengekspor total tujuh juta metrik ton gula. (viz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: