Ini Dia Jenis Warna Sperma, Mana yang Paling Sehat dan Subur?

Ini Dia Jenis Warna Sperma, Mana yang Paling Sehat dan Subur?

Ilustrasi sperma-pixabay-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Air mani yang sehat berwarna putih keruh dengan konsistensi seperti jeli mirip telur mentah. Sedikit perubahan pada warna, tekstur, dan bahkan bau air mani mungkin normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Dalam beberapa kasus, perubahan warna air mani bisa menjadi tanda dari masalah yang mendasarinya. Kemungkinan penyebabnya termasuk darah dalam air mani atau infeksi, yang keduanya memerlukan perhatian medis.

Kesuburan pria dipengaruhi oleh berbagai faktor – seperti bentuk sperma, jumlah sperma, dan warna sperma. Cairan kental berwarna keputihan cenderung menunjukkan kualitas sperma yang sehat.

Bagaimana jika Anda memiliki sperma yang berubah warna?
Setidaknya ada 7 warna sperma yang berbeda. Setiap warna berfungsi sebagai indikator status kesehatan dan kesuburan Anda yang berbeda.

BACA JUGA:Viral! Ibu Ketiduran, Bayinya Ditemukan Sudah Tewas di Pantai Dekat Rumah

BACA JUGA:Ingin Punya Bokong Lebih Besar Saat Diet? Santap 6 Makanan Ini

Penting untuk mengetahui arti warna sperma Anda dan warna mempengaruhi kesehatan Anda.
Jelas, putih, dan abu-abu
Sperma bening, putih, atau keabu-abuan menunjukkan sperma yang sehat. Secara umum, sperma dengan ciri warna ini memiliki tekstur yang kental karena jumlah sperma yang banyak.

Namun, beberapa pria memiliki warna sperma yang normal namun teksturnya cair – ini dikenal sebagai sperma encer. Sperma yang encer menandakan gejala kesuburan pria karena asupan zinc yang tidak mencukupi.

Putih kekuningan
Warna sperma ini biasanya karena faktor usia.
Kondisi ini terbilang normal selama Anda tidak merasakan sakit saat ejakulasi atau berhubungan seks.
Selain itu, faktor lain yang dapat menyebabkan warna sperma menjadi putih kekuning-kuningan salah satunya adalah ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung belerang tinggi, seperti bawang putih, bawang bombay, brokoli, dan pisang.

Kuning
Warna sperma kuning belum tentu menandakan adanya gangguan kesehatan. Bisa jadi karena cairan sperma Anda bercampur dengan urin di saluran uretra.

BACA JUGA:5 Fakta Mengejutkan Obesitas yang Perlu Anda Ketahui

BACA JUGA:Ini 7 Alasan Menapa Anda Harus Menghindari Melewatkan Makan

Sperma yang melewati uretra dapat bercampur dengan sisa urin, sehingga memberikan warna kekuningan. Kondisi ini paling sering terjadi jika Anda mengalami ejakulasi sesaat setelah buang air kecil.
Namun, perlu juga dicatat bahwa kemungkinan lain yang menyebabkan warna sperma menjadi kekuningan:

Penyakit kuning terjadi ketika terlalu banyak bilirubin menumpuk di tubuh Anda. Bilirubin adalah pigmen kekuningan yang diciptakan oleh pemecahan alami sel darah merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: