Animo Masyarakat Tinggi Ikuti Vaksinasi di Pelabuhan

Animo Masyarakat Tinggi Ikuti Vaksinasi di Pelabuhan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KUALATUNGKAL – Vaksinasi yang digelar di LLASDP dan Terminal Kota Kualatungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat, disambut baik. Ratusan warga tampak memadati area vaksinasi dengan protokol kesehatan (prokes). Vaksinasi ini dilakukan Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjab Barat, bersama Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjab Barat, Syamsul Juhari, menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi bersamaan dengan pelaksanaan vaksin Kodim 0419/ Tanjab. Sasaran vaksinasi ini, yaitu pelaku usaha, agen tiket, hingga tukang ojek.

Sebelum di vaksin, peserta harus menjalani pengecekan suhu tubuh dan mendata komorbid calon penerima vaksin. Pihak nakes pun mengecek tekanan darah. “Awalnya sempat grogi diperiksa ditanyai tentang riwayat penyakit. Karena tidak ada penyakit bawan yang dilarang vaksin, maka semua berjalan lancar. Tidak ada keluhan yang berarti pasca divaksin,” ungkap Hadi, salah seorang warga penerima vaksin.   

Sasaran awalnya vaksinasi awlanya hanya sekitar 100 orang, diantaranya jajaran dishub yang belum di vaksin, kemudian pelaku usaha, operator kapal, nahkoda. Kemudian supir mobil terminal kota, ojek di pelabuhan LLASDP serta pedagang dan buruh.

"Kita lihat antusias warga menyambut luar biasa, sehingga ditambah lagi kartu antre hingga 200 orang. Kemudia karena ada program Kodim sasaran juga sama,   sekalian juga dibawa pelabuhan LLASDP," katanya.

Sasaran pelaku usaha hingga tukang ojek di sekitar pelabuhan LLASDP dan terminal kota Kualatungkal karena melihat mereka langsung bersentuhan dengan penumpang datang dan pergi dari Kualatungkal.

"Jadi, kami mendorong supaya untuk pelaku udasa di pelabuhan segera di vaksin. Ini upaya pencegahan kita bersama untuk menjaga, khususnya Pelabuhan dan terminal kota terhindar dari penularan Covid-19," katanya.

Sementara Dandim 0419 Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, menyebutkan bahwa program vaksinasi ini Kodim mendapat 60 vial dengan sasaran sekitar 600 orang.

"Dalam program vaksinasi ini, kita kebetulan mendapat sebanyak 60 vial atau sekitar 600 orang, antara lain di Pelabuhan LLASDP Kualatungkal, kemudian PKM (Pusat Kesehatan Masyarakat) satu, dua, Sungaisaren, Parit Deli dan Teluk Nilau. Alhamdulillah antusias masyarakat bagus dan mereka sudah memiliki stigma bahwa dengan vaksin dapat memberikan kesehatan, jadi vaksin kita yang tersedia sudah habis," pungkas Dandim usai mengunjungi pelaksanaan vaksin. (rul/ira)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: