Mahasiswa UNBARI Lakukan Penelitian di BPJS Kesehatan

Mahasiswa UNBARI Lakukan Penelitian di BPJS Kesehatan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Jambi - Sebagai wujud transparansi BPJS Kesehatan dalam memberikan informasi pada publik, BPJS Kesehatan berupaya memudahkan pengelolaan data dengan menyediakan data sampel yang bisa mewakili seluruh data kepesertaan maupun pelayanan kesehatan yang ada di BPJS Kesehatan sepanjang tahun 2015 sampai dengan tahun 2019.

Adalah Geby Chica Lorenza, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Batanghari salah satu mahasiswa yang memanfaatkan data sampel BPJS Kesehatan sebagai bahan kajian untuk mendukung penyusunan tugas akhirnya.

Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum dengan konsentrasi Hukum Tata Negara ini mengajukan permohonan penelitian kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) BPJS Kesehatan dengan melampirkan surat pengantar dari Universitas, formulir permohonan informasi publik, pakta integritas, proposal penelitian, dan salinan (fotocopy) identitas diri seperti KTP yang mana persyaratan tersebut ia ketahui setelah membuka portal resmi BPJS Kesehatan.

“Sebagai mahasiswa hukum dengan konsentrasi kekhususan di bidang Tata Negara, penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional ini menjadi salah satu kajian menarik yang ingin saya susun sebagai tugas akhir. Apalagi dimasa pandemi, saya ingin mengangkat tentang bagaimana BPJS Kesehatan tetap memberikan pelayanan terbaik pada peserta sebagai layanan publik karena yang sama-sama kita ketahui bahwa kunjungan di Kantor BPJS Kesehatan itu tidak pernah sepi,” jelas Geby.

Kepada tim jamkesnews Geby menyebutkan, untuk mendukung penelitiannya ia membutuhkan sejumlah data berupa jumlah kunjungan peserta BPJS Kesehatan sebelum dan setelah masa pandemi, inovasi layanan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan menghadapi masa pandemi serta efektifitas layanan Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan dalam masa pandemi.

“Secara keseluruhan data sampel yang dibutuhkan guna mendukung penelitian saya semua telah diberikan, bahkan wawancara yang saya ajukan untuk menambah sejumlah referensi juga telah disetujui oleh BPJS Kesehatan. Memang beberapa data yang bersifat confidential yang saya ajukan tidak diberikan, tapi saya memahami alasan yang diberikan,” terangnya.

Sebagai penutup Geby menyampaikan rasa terimakasih atas keseluruhan data yang diberikan, dan berjanji akan segera mengirimkan hasil dari tugas akhirnya setelah selesai disusun dan diuji.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: