BPJS kesehatan memberikan Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

BPJS kesehatan memberikan Banyak Manfaat Untuk Masyarakat

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Jambi - Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya oleh Erni S Pardede peserta program JKN-KIS segmen kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah  merasakan manfaat keberadaan program JKN-KIS pada saat dirinya mendapatkan pelayanan kesehatan.

Pada saat ditemui oleh team jamkesnews, Erni sedang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Jambi, karena kondisinya menurun diakibatkan oleh kehamilan pada trisemester pertama.

Martinus Lase, suami Erni menyebutkan bahwa ini bukan pertama kalinya ia beserta keluarga memanfaatkan program JKN-KIS, dan selama masa pemanfaatan dirinya tidak pernah kecewa dengan pelayanan yang diberikan. Ini kali kedua istrinya mendapatkan perawatan sebelumnya istrinya memanfaatkan layanan program JKN-KIS pada saat mengalami kecelakaan lalu lintas.

Erni mengalami kecelakaan lalu lintas tunggal di awal tahun 2021, saat itu berdasarkan laporan polisi yang diterima status kecelakaan erni merupakan kecelakaan tunggal sehingga yang menjadi penjamin pelayanan kesehatannya adalah BPJS Kesehatan. Pada saat kecelekaan terjadi ruang rawat inap yang sesuai dengan hak kelas perawatan erni yakni kelas I sedang dalam kondisi penuh, sehingga ia dititipkan keruang rawat inap VIP.

Namun, sampai dengan berakhir masa perawatan ruang rawat inap yang sesuai dengan haknya tak kunjung tersedia sehingga Erni pada akhirnya dirawat di ruang VIP sampai dengan ia pulang. Selama proses tersebut Martinus mengaku terkejut bahwa tidak ada selisih biaya yang dibebankan kepadanya dan keluarga atas peningkatan hak kelas rawatan. Padahal ia mengaku telah menyiapkan beberapa rupiah untuk membayarkan apabila terjadi selisih biaya.

“Saya terkejut, jujur saja saya terkejut karena saat itu saya pasrah saja karena kamar sesuai hak kelas istri tidak ada jadi ya tidak apa-apa bayar saja tambahannya yang penting istri saya ditangani dengan baik. Tapi ternyata nasib baik sebagai peserta program JKN-KIS ini bisa menikmati hak kelas rawatan lebih tinggi karena kamar yang sesuai tidak tersedia, dan tidak dikenakan selisih biaya” ujar Martinus

“Kuncinya adalah ikuti saja prosedur yang berlaku sesuai dengan ketentuannya, semua akan dipermudah apabila kita sudah sesuai dengan prosedur, yang sering dibicarakan oleh orang-orang bahwa pakai BPJS Kesehatan itu rumit adalah mereka yang tidak mengikuti aturan dan mau seenaknya saja. Padahal apabila kita sesuai dengan ketentuan semuanya akan berjalan mudah dan lancar,” tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: