Butuh Alat Apersis Plasma Konvalesen, PMI Kota Jambi Gelar Lelang Amal

Butuh Alat Apersis Plasma Konvalesen, PMI Kota Jambi Gelar Lelang Amal

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Jambi – Meningkatnya pasien terpapar COvid-19 di Provinsi Jambi, menjadi perhatian Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jambi. Belum lagi kebijakan PPKM di tengah masyarakat, dan pelayanan rumah sakit yang terbatas.
Untuk itu, PMI Kota Jambi pada Selasa (3/7) menggelar rapat khusus untuk mencari solusi, agar bisa ikut membantu pasien Covid-19. “Sesuai arahan PMI pusat, kita ditugaskan membantu menyediakan plasma darah konvalesen,” kata Karyadi, Kabid Yankes dan Donor Darah PMI Kota Jambi.
Hanya saja katanya, di Jambi terdapat kendala yaitu PMI Kota Jambi belum punya alat apersis konvalensen. “Kalau kader untuk mencari penyintas Covid-19 kita sudah siap,” kata pria yang juga ditunjuk sebagai Ketua Timsus Lelang Amal Apersis Plasma Konvalesen itu.
Menurutnya, solusi saat ini adalah melakukan lelang amal dan membuat proposal ke pihak ke 3. Dia yakin, banyak orang mampu dan instansi yang peduli akan hal ini. “Saya yakin kita mampu dan akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait agar kita segera punya alat yang sangat urgen ini,” kata dia.
Di tanya soal harga alat tersebut, Karyadi menjelaskan kisaran Rp 350 juta. Mereka juga telah melapor ke Ketua PMI Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus. “Mudah-mudahan beliau juga membantu member solusi,” kata dia.
Dia juga berharap, seluruh pihak membantu masalah ini agar PMI Kota Jambi segera memiliki alat tersebut. Karena di Jambi baru ada di UTDRS RSUD Raden Mattaher. “Kalau hanya satu, tak akan mampu memenuhi kebutuhan plasma konvalensen. Ini saja kami terus mendapat telpon meminta bantuan donor konvalesen,” kata dia.
Lanjutnya, berdasarkan penelitian di negara yang hampir usai dihantam badai corona seperti India, China, ada solusi bagi pasien agar lekas sembuh yaitu dengan donor plasma darah konvalesen. “Di Indonesia juga sudah diuji coba dan hasilnya cukup memuaskan. Yang awalnya donor konvalesen ini hanya khusus buat pasien yang sudah gawat saja, namun ternyata akan lebih baik jika digunakan bagi pasien yang mulai diketahui positif covid dan bergejala, maka di hari ke 3 sudah bisa dilakukan donor konvalesen dan ternyata hasilnya cukup memuaskan,” kata dia.

Adapun bagi dermawan yang ingin membantu, dapate disalurkan melalui Rekening Bank Jambi

an . PALANG MERAH INDONESIA

Norek :
101 345 847

Bank BNI
an. PALANG MERAH INDINESIA

Norek :
006 988 0199

(*/rib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: